Kenapa Orang Tua Cenderung Tidur Malam Lebih Sebentar?

Kenapa Orang Tua Cenderung Tidur Malam Lebih Sebentar?
Ilustrasi orang Tua Tidur. ©oversixty.com.au

Riauaktual.com - Ketika usia semakin menua, selain melalui berbagai pertanda fisik seperti kulit dan rambut, biasanya juga terjadi perubahan kebiasaan pada seseorang. Salah satu kebiasaan yang berubah adalah pada pola tidur. Umum dijumpai bahwa orang tua cenderung terjaga lebih lama dan susah tertidur.

Para orang tua umum terbangun sangat pagi atau juga sering terbangun berkali-kali ketika tidur. Terbangun di malam hari ini biasa terjadi karena hal seperti kecemasan, hendak ke kamar mandi, atau rasa tak nyaman yang muncul akibat penyakit.

Dilansir dari Medical Daily, disebut bahwa terdapat penurunan pada tahap tidur Rapid Eye Movement atau REM karena ketika seseorang bertambah tua, seseorang cenderung lebih lama tidur pada tahap ini. Hal lain yang mungkin berpengaruh adalah obat yang dikonsumsi terutama yang digunakan untuk mengendalikan tekanan darah, kanker, dan depresi.

"Ketika seorang yang tua mengeluhkan mengenai insomnia, penting untuk melihat lagi kondisi medis yang dapat ditangani dan pengobatan yang digunakan mungkin menjadi penyebab insomnia sebelum digunakan hipnotis," ujar peneliti dari Universitas Kedokteran Dokkyo, Jepang.

Terdapat hal lain yang harus diperhatikan tergantung pola makan dan gaya hidup. Sebagai contoh, kamu seharunya mengurangi konsumsi kafein dan menghindarinya empat atau lima jam sebelum tidur. Selain itu, hindari juga kebiasaan tidur siang dan merokok.

Beberapa pakar kesehatan juga menyebutkan pentingnya agar kamu terpapat cukup cahaya matahari. Hal ini dapat berkontribusi pada produksi melatonin, hormon yang mengatur jam tidurmu.

Secara garis besar, jam tidur seseorang cenderung berkurang hingga tahap tertentu ketika seseorang menua. Namun jika hal ini berujung terhadap masalah kesehatan, maka perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Berdasar petunjuk, tidur selama 7,5 jam merupakan jumlah yang cukup bagi orang tua. Namun tentu saja jumlah ini bisa berbeda-beda tergantung individu.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index