Foto Selfie NFT 'Ghozali' Dapat Kritik Pedas

Foto Selfie NFT 'Ghozali' Dapat Kritik Pedas
Seorang pemuda bernama Ghozali menjadi miliarder berkat koleksi foto selfie-nya yang dijual dalam bentuk aset digital non-fungible token (NFT). (Foto: Twitter @ghozali_ghozalu)

Riauaktual.com - Booming 'Ghozali' yang mengunggah swafoto atau (selfie) lalu menjualnya dengan format non-fungible token (NFT) mendapat sambutan beragam. Banyak yang memuji, tetapi tidak sedikit yang memberi komentar pedas.

Salah satu yang mengkritik adalah Co-founder CryptoWatch sekaligus pengelola kanal Youtube Duit Pintar, Christopher Tahir. Menurut dia, fungsi NFT di Indonesia tidak pada tempatnya. Sebab, NFT jika dieksplorasi lebih jauh, fungsinya jauh lebih bermanfaat terutama untuk kepemilikan hal yang sifatnya digital. “Simple-nya begini, NFT saat ini terlalu overhyped, karena NFT seharusnya use case-nya tidak begini, kualitasnya kacau,” kata dia kepada Investor Daily, Jumat (14/1/2022).

Dengan adanya Ghozali, sekarang OpenSea, platform untuk transaksi NFT dibanjiri foto makanan, selfie, hingga foto bayi. Di satu sisi, hal ini bisa mengkhawatirkan dan membahayakan, khususnya jika menyangkut foto anak. “Bayangkan ada yang beli NFT si anak, kemudian si anak diculik dan si penculik beralasan dia memiliki bukti kepemilikannya, ini kan bisa kacau. Data di blockchain itu immutable, tidak dapat diubah dan akan ada selamanya,” jelasnya.

Christopher mengimbau kepada masyarakat agar bisa mempelajari secara mendalam mengenai konsep NFT. “Jangan serta merta impulsif ikut-ikutan karena ada influencer bilang ini bagus itu bagus,” imbau dia.

Seperti diketahui, Sultan Gustaf AL Ghozali alias Ghozali Everyday, pemuda asal Indonesia ini mendadak viral di media sosial. Hal itu karena ia berhasil menjual foto selfie dengan format NFT seharga Rp 13,8 miliar. Dikutip dari akun Twitter pribadinya @Ghozali_Ghozalu, ia melakukan selfie setiap hari dari tahun 2017-2021.

Lewat akun Ghozali Everyday di OpenSea, ia pun menjajakan 933 foto. Sudah lebih dari 430 orang yang mengantongi foto Ghozali dengan nilai jual 288 Ethereum (ETH) atau setara Rp 13,8 miliar. Salah satunya, Chef Arnold yang juga ikut membeli sejumlah NFT-nya dan mengungkap rasa kagum atas konsistensi Ghozali.


 

 

Sumber: Investor Daily

Berita Lainnya

View All