Ini Lima Tanda Kondisi Usus yang Kurang Baik, Ternyata Bukan Cuma Masalah Pencernaan Saja

Ini Lima Tanda Kondisi Usus yang Kurang Baik, Ternyata Bukan Cuma Masalah Pencernaan Saja
5 Tanda Kondisi Usus yang Kurang Baik, Ternyata Bukan Cuma Masalah Pencernaan Saja. ©Shutterstock

Riuaktual.com - Kondisi pencernaan yang sehat merupakan pintu gerbang dari kesehatan tubuh secara menyeluruh yang optimal. Salah satu yang berperan penting dalam hal yang satu ini adalah menjaga keseimbangan bakteri baik yang ada dalam usus. Mikroba yang satu ini bekerja untuk membantu sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga memproduksi vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, usus yang sehat bisa diwujudkan dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam tubuh dan meminimalisir bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatan. Lalu, bagaimana saat jumlah bakteri baik dalam kondisi yang tidak seimbang? Beberapa tanda ini bisa jadi sinyal jika kondisi usus sedang kurang baik, lho.

Sistem Pencernaan Bermasalah

Tanda paling jelas saat mengalami kondisi usus yang sedang tidak sehat karena jumlah bakteri baik yang tidak seimbang adalah sistem pencernaan yang bermasalah. Di momen ini, kamu akan mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, sebah, naiknya asam lambung, diare, hingga konstipasi atau susah buang air besar.

Masalah pencernaan bisa jadi tanda kalau usus dan organ pencernaan lainnya tidak bisa bekerja dengan maksimal dalam mencerna makanan. Jika sudah mengalami berbagai masalah tersebut, saatnya mulai waspada dan perhatikan kesehatan usus dengan lebih maksimal.

Kekurangan Vitamin dan Mineral

Tahukah kamu kalau ternyata usus yang sehat sangat penting membantu tubuh dalam proses produksi dan sintesis vitamin dan mineral? Jadi, saat terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri baik dalam usus, tubuh juga akan mengalami kesulitan dalam memproduksi beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin D, K, B12 dan B7, serta magnesium. Jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu lama, tubuh bisa mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin yang penting untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Tubuh Terasa Lemas dan Sulit Konsentrasi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Microbiome pada April 2017 menjelaskan bahwa orang-orang dengan kondisi usus yang tidak sehat dapat mengalami kondisi tubuh yang terasa lemas. Hal ini disebabkan tidak seimbangnya bakteri dan mikroorganisme yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, kondisi usus yang kurang baik juga bisa mengganggu konsentrasi. Usus dalam sistem pencernaan memproduksi sebuah neurotransmitter yang mempengaruhi mood, pikiran, dan kemampuan kognitif seperti fokus dan konsentrasi. Saat terjadi kondisi ketidakseimbangan bakteri di dalam usus, maka kemampuan belajar pun akan menurun.

Masalah Kesehatan Kulit

Selain bermasalah pada sistem pencernaan, ternyata kondisi usus yang kurang baik juga dapat memberikan efek pada kesehatan kulit. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Microbiology menyatakan bahwa kondisi usus mempengaruhi kondisi kulit karena berkurangnya sistem pertahanan kulit. Beberapa masalah kesehatan kulit yang bisa berhubungan dengan kondisi usus antara lain jerawat, psoriasis, hingga eczema.

Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis yang terjadi tiba-tiba juga bisa menjadi tanda kalau kondisi usus sedng tidak baik-baik saja. Hal ini disebabkan karena usus yang tidak sehat dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi, meregulasikan kadar gula dalam tubuh dan menyimpan cadangan lemak.

Itu tadi beberapa hal yang bisa jadi tanda kalau kondisi kesehatan usus sedang tidak baik-baik saja. Saatnya lebih peka pada tubuh agar bisa menjaga kesehatannya secara menyeluruh, yuk!

 

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

View All