Lima Olahraga yang Tepat Dilakukan oleh Ibu yang Baru Melahirkan

Lima Olahraga yang Tepat Dilakukan oleh Ibu yang Baru Melahirkan
Ilustrasi wanita berolahraga. ©Shutterstock.com/ vgstudio

Riauaktual.com - Usai melahirkan buah hati, masih banyak masalah yang mungkin dialami oleh seorang ibu. Hal ini tidak hanya sebatas masalah fisik namun juga masalah mental yang bisa berujung depresi.

Dilansir dari The Health Site, penelitian yang dilakukan di University of Melbourne, Victoria, Australia mengungkap bahwa terapit olahraga fisik dan program edukasi kesehatan bisa menurunkan risiko depresi pasca melahirkan. Masalah depresi in dialami hingga 13 persen ibu yang baru melahirkan di seluruh dunia dan sebagian besar muncul pada 3 bulan pertama.

Aktivitas fisik dan olahraga yang dilakukan bisa berdampak meningkatkan mood pada wanita baik tua maupun muda. Manfaat yang sama ini juga disebut bisa dialami oleh wanita yang mengalami masalah depresi usai melahirkan.

Sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat dari olahraga bagi ibu yang baru melahirkan termasuk membangkitkan energi secara keseluruhan, menjaga berat badan sehat, meningkatkan fungsi kardiovaskular, meningkatkan mood, serta mampu mengurangi stres. Walau mungkin hal ini cukup sulit untuk mulai dilakukan, namun mulai melakukan olahraga usai melahirkan bisa berdampak baik.

Pada ibu hamil yang rutin berolahraga, mereka tak bakal mengalami kesulitan untuk kembali melakukannya setelah melahirkan. Pada ibu yang baru melahirkan, berikut sejumlah olahraga yang sebaiknya dilakukan.

Berjalan

Berjalan merupakan salah satu olahraga yang paling bermanfaat bagi kesehatan dan mudah dilakukan. Hal ini bisa meningkatkan detak jantung dan memperkuatnya serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk mulai berolahraga secara rutin.

Berenang

Berenang merupakan olahraga yang bisa berdampak secara keseluruhan pada tubuh. Olahraga ini bisa sangat tepat untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Dampak lain yang bisa diperoleh adalah otot yang menguat serta berat badan yang bisa lebih cepat turun.

Yoga

Yoga merupakan olahraga yang efektif untuk meregangkan dan memperkuat otot. Usai melahirkan, olahraga ini bisa membantu melemaskan otot, mengurangi stres, melawan kekelahan, serta memperkuat bagian perut dan pinggul.

Bersepeda

Ketika hamil, bersepeda merupakan olahraga yang sebaiknya dihindari, namun usai melahirkan, olahraga ini bisa sangat tepat untuk dilakukan. Olahraga ini bisa membantu meningkatkan detak jantung dan mood yang dimiliki.

Olahraga Perut

Olahraga memperkuat perut tak hanya penting untuk penampilan saja namun juga untuk aktivitas sehari-hari dan menyiapkan kehamilan di masa mendatang. Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan mulai pengaturan pernapasan hingga planking untuk memperkuat otot terutama di sekitar perut.

Sejumlah hal tersebut merupakan manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga bagi ibu yang baru melahirkan. Lakukan sejumlah hal tersebut untuk mendapat manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Berita Lainnya

View All