Yuk Ketahui Perbedaan antara Sunscreem dan Sunblock, Cegah Salah saat Memilih

Yuk Ketahui Perbedaan antara Sunscreem dan Sunblock, Cegah Salah saat Memilih
Ilustrasi tabir surya. ©Shutterstock

Riauaktual.com - Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat kita memperoleh banyak sinar matahari setiap hari. Kondisi ini perlu membuat kita berhati-hati pada saat merawat kulit.

Salah satu hal yang wajib kita gunakan sehari-hari bagi kulit adalah suncreen. Lapisan pelindung ini sangat perlu untuk mencegah dampak buruk sinar matahari terhadap kulit.

Banyak orang sering keliru membedakan antara sunscreen dan sunblock, keduanya dianggap sama fungsinya. Walau sering dianggap sama dan hanya berbeda istilah saja, sesungguhnya keduanya memiliki fungsi yang cukup berbeda.

Dilansir dari Verywell Health, sunscreen dan sunblock walaupun memiliki fungsi yang mirip namun sesungguhnya ada perbedaan dalam bentuk perlindungan pada kulit. Untuk membedakannya, yang pertama harus kita ketahui dulu fungsi dari masing-masing losion ini.

Sunscreen

Losion ini biasanya lebih banyak digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Losion ini menyaring sinar ultaviolet (UV) dari matahari. Sunscreen menangkal sebagian besar sinar matahari namun tetap membiarkan beberapa sinar masuk. Proses ini membuat sunscreen cenderung lebih bersifat kimiawi.

Sunblock

Pada sisi lain, sunblock berhuna untuk memantulkan cahaya matahari dari kulit dan menangkal masuknya sinar matahari ke dalam kulit. Sunblock bisa juga disebut sebagai sunscreen yang lebih fisikal.

Sunscreen biasanya memiliki kandungan yang lebih encer dibanding sunblock. Pada beberapa orang, kandungan dari sunscreen biasanya menimbulkan alergi sehingga lebih aman untuk menggunakan sunblock.

Kedua losion pelindung kulit dari sinar matahari ini sebenarnya memiliki fungsi yang tak banyak berbeda dengan perbedaan pada menyerap dan memantulkan sinar matahari. Hal yang paling penting kamu lakukan untuk memilih adalah melihat apakah losion yang akan kamu gunakan ini sudah mencakup perlindungan UVA dan UVB, serta pastikan angka SPF cukup tinggi yaitu di atas 30 dan juga tahan air.

Pastikan untuk menggunakannya setiap hari untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Penggunaan tabir surya ini penting dilakukan untuk mencegah dampak buruk dari sinar matahari. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index