Sering Craving Makanan Tertentu Ternyata Belum Tentu Lapar, Kenali Penyebabnya Yuk!

Sering Craving Makanan Tertentu Ternyata Belum Tentu Lapar, Kenali Penyebabnya Yuk!
Sering Craving Makanan Tertentu Ternyata Belum Tentu Lapar, Kenali Penyebabnya Yuk!. ©2022 Merdeka.com

Riauaktual.com - Coba ngaku deh, pasti sering mengalami momen seperti ini. Di tengah menyelesaikan tumpukan pekerjaan atau malah saat mau tidur malam, tiba-tiba keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu muncul dengan kuat. Padahal beberapa jam yang lalu sudah makan, tapi kok masih bisa ngidam ya?

Tahu nggak sih kalau craving makanan tertentu ini ternyata belum tentu merupakan tanda kalau tubuh memang benar-benar lapar? Ternyata, bisa jadi bahwa ini merupakan cara tubuh berkomunikasi untuk menunjukkan ada yang nggak beres baik dari sisi fisik maupun psikis.

Sedang merasakan craving makanan tertentu secara spesifik? Temukan artinya lebih dalam yuk!

Cokelat

Keinginan makan cokelat secara tiba-tiba mungkin salah satu yang paling cukup sering dialami. Ternyata, kalau digali lebih dalam, keinginan makan cokelat ini bisa diartikan kalau tubuh sedang mengalami kekurangan magnesium, lho.

Menurut Lisa Young, Ph.D.,R.D, seorang profesor bidang nutrisi di New York University, menjelaskan bahwa di momen ini biasanya tubuh menggunakan asupan magnesium lebih banyak, sehingga mengalami PMS dan craving cokelat. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu, saatnya perbanyak konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran hijau, alpukat, atau pisang.

Keripik atau Snack yang Crunchy

Ngemil keripik atau makanan crunchy lainnya memang selalu bikin nagih. Tapi, kalau kamu tiba-tiba lagi ngidam makanan yang satu ini, bisa jadi kalau kamu sedang mengalami situasi yang bikin stres atau frustrasi.

Sensasi mengunyah makanan yang crunchy memang bisa melepaskan rasa stres. Tapi, pikiran yang frustrasi ini biasanya kembali datang saat mulut mulai berhenti mengunyah. Akhirnya banyak orang yang susah berhenti ngemil saat sedang mengalami stress eating. Daripada melepaskan stres lewat makanan, ada baiknya kamu mulai berolahraga yang dapat membantu melepaskan hormon endorfin untuk membuat mood lebih baik.

Es Krim dan Makanan Manis Lainnya

Tiba-tiba ingin menikmati es krim dan makanan manis lainnya? Eits, bisa jadi ini merupakan pertanda tubuh sedang memberikan sinyal tentang kondisi emosionalmu saat ini. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, craving cake dan kue yang manis lainnya berkaitan dengan kondisi stres, sedih, atau marah.

Untuk melawan craving yang satu ini, kamu bisa mulai mengubahnya menjadi kegiatan fisik yang lebih positif. Misalnya saja jalan kaki selama 15 menit sambil berjemur dan menikmati udara segar di luar rumah bisa membantu menenangkan pikiran yang sedang stres.

Kafein

Beberapa orang punya kebiasaan minum kopi untuk menjaga konsentrasi agar tetap fokus bekerja. Namun, jika yang kamu rasakan adalah keinginan mengonsumsi kafein setiap saat, bisa jadi ada makna psikologis di baliknya.

Yup, craving kafein yang berlebihan bisa jadi tanda bahwa kamu merasa tidak puas dengan pekerjaan atau apa yang sedang dilakukan. Selain itu, kondisi ini juga dapat menjadi sinyal bahwa tubuh mengalami dehidrasi yang bikin tubuh seperti kehilangan banyak energi. Jadi, daripada minum kopi, ada baiknya perbanyak minum air putih terlebih dahulu.

Dengan memahami makna dari craving yang kamu alami, kamu jadi bisa memperhatikan kondisi dan kebutuhan tubuh saat ini demi menjaganya agar tetap sehat. Yuk, saatnya ubah kebiasaan craving dengan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat!

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index