Pelanggaran Prokes saat PPKM Level 1 Didominasi tak Pakai Masker

Pelanggaran Prokes saat PPKM Level 1 Didominasi tak Pakai Masker
Iwan Samuel Parlindungan Simatupang

Riauaktual.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di Kota Pekanbaru berakhir, Senin (6/12). Selama dua pekan penerapan PPKM Level 1, tim Penegakkan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 masih menemukan banyak pelanggaran protokol kesehatan (Prokes).

Masih adanya warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mendominasi pelanggaran prokes di masa PPKM level 1.

"Pelanggaran masih ada. Pelanggaranya tidak pakai masker, itu aja," kata Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Samuel Parlindungan Simatupang, Selasa (7/12). 

Menurutnya, selama penerapan PPKM level 1 tim Gakkum Satgas Covid-19 tetap melakukan pengawasan. Mereka melakukan patroli ke titik keramaian seperti tempat kuliner dan hiburan umum. 

Selama patroli berlangsung total seratusan warga terjaring melanggar prokes selama penerapan PPKM level 1. Untuk penindakan sendiri, disampaikannya lebih kepada pembinaan berupa sanksi teguran lisan dan tertulis.

"Jadi penindakan kita di level 1 ini hanya teguran saja," terang Iwan.

Sementara untuk tempat usaha, lanjut Iwan, juga didapati masih ada yang belum disiplin mematuhi prokes.

"Meski sudah banyak diberi kelonggaran di PPKM level 1 ini, tapi tingkat kepatuhannya memang masih kurang. Kalau untuk sanksi sama, teguran lisan dan tertulis juga, lebih ke pembinaan," pungkasnya. 

Ia memastikan, Satpol PP sebagai kordinator tim Gakkum Satgas Covid-19 tetap melakukan patroli bersama aparat TNI dan Polri. Mereka berupaya mendisiplinkan masyarakat agar tertib menjalankan prokes, terutama dalam menggunakan masker dan menjaga jarak. Jdi

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index