Pendidikan Kimia UNRI Raih Tropi Emas di PIMNAS ke-34

Rilis

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 15:58:23 WIB | Cetak



Riauaktual.com - Tim PKM-RSH Pendidikan Kimia berhasil membawa pulang tropi menali Emas di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi di Universitas Sumatera Utara, Medan. 

PIMNAS ke-34 diselenggarakan selama 5 hari terhitung dari (26/10) hingga (30/10) . 

Tim PKM- RSH yang diketuai oleh Yanni Irma Wati Simanjuntak bersama 3 rekan anggotanya, Melinda Sari, Berliana Iga Lestari dan Ismah berhasil memenangkan penghargaan setara emas itu pada kategori poster. 

Ketua Umum PIMNAS ke-34, Bapak Edy Ikhsan mengatakan PIMNAS merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi wadah mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual. 

"PIMNAS juga merupakan PKM yang diluncurkan Kemendikbud Ristek dan menjadi saranan pengembangan kreativitas mahasiswa yang berjiwa entrepreneur, berbudaya dan inovatif," jelasnya. 

Hal ini menjadi pencapaian baru bagi Universitas Riau karena membawa pulang penghargaan setara emas yang pertama setelah berkali-kali mengikuti ajang kompetensi bergengsi ini. 

Tim PKM-RSH Pendidikan Kimia pada PIMNAS Ke-34 mengangkat sebuah topik pengembangan bahan ajar bersanding teknologi E-Modul yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep materi kimia selama pembelajaran daring. 

Yanni Irma Wati menjelaskan E-Modul interaktif yang dikembangkan ini berbasis model pembelajaran guided inquiry. Pengembangannya menggunakan aplikasi flip pdf professional yang mengombinasikan berbagai fitur multimedia seperti gambar, animasi, video, audio, dan kuis. 

"Selain itu, kami juga menyajikan link untuk virtual laboratory yang sesuai dengan materi dalam E-Modul (larutan penyangga). Fitur dalam E-modul tersebutlah yang dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik untuk belajar," jelasnya. 

Ibu Fitri Aldresti selaku dosen pembimbing dari tim PKM RSH merasa bangga dengan pencapaian medali emas yang diraih oleh tim PKM bimbingannya. 

"Mereka sudah lolos PIMNAS saja sudah merupakan sebuah kemenangan, terlebih lagi berhasil membawa medali di ajang bergengsi mahasiswa se-indonesia ini," ujarnya.

 

 

Penulis: Harika Syahlina





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index