BBM Jenis Solar Langka di Riau, Ini Kata Pertamina

BBM Jenis Solar Langka di Riau, Ini Kata Pertamina
Solar Habis (Istimewa)

Riauaktual.com - Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) khususnya jenis solar di Riau akhirnya mulai terungkap. Ternyata BBM solar langka karena kuota subsidi itu sudah menipis.

"Kuota itu pertama kali saya sampaikan di kuota awal (kuota BBM solar subsidi 2021 sebanyak 777.860 kilo liter). Ternyata ada pembaharuan dan untuk akhir tahun masih kurang," kata Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman, Rabu (13/10/2021) kemarin.

Taufik mengatakan saat ini sisa kuota BBM solar subsidi untuk Riau hanya 173.228 kilo liter. Angka tersebut diperkirakan tidak bisa memenuhi kebutuhan BBM solar subsidi di Bumi Lancang Kuning sampai akhir tahun.

"Maka kita koordinasi dengan Pemda Riau untuk minta penambahan kuota pada BPH Migas, karena kewenangan menentukan ini mereka. Kami Pertamina hanya salurkan ke masyarakat sesuai kuota," jelasnya.

Terkait besaran kuota yang dibutuhkan, Taufik mengaku tergantung pengajuan Pemprov Riau. Sebab pengajuan itu yang nantinya akan dihitung dan disetujui BPH Migas.

Taufik memastikan kelangkaan tak terkait status level PPKM COVID-19 di daerah. Ia membantah kabar soal kelangkaan BBM akibat naik turunya level PPKM. 

"Kita konsultasikan agar ada penambahan, sekarang masih ada, hanya saja belum kami berikan seluruhnya. Jadi kelangkaan yang terjadi bukan karena itu (level PPKM), karena kuota menipis," katanya.

Terakhir, ia memastikan BBM jenis solar di sejumlah SPBU di Riau kosong karena distribusi sudah mulai dikendalikan. Hal ini agar semua masyarakat masih bisa dapat BBM solar subsidi meski kuota terbatas.

"Sisa 173.228 itu bukan dibatasi, tapi kami kendalikan agar semua dapat. Bagaimana pun kami harus mengatur agar semuanya, dapat dan tersalurkan merata," ucap Taufik.

Sebagai informasi, warga di Pekanbaru mengeluhkan kesulitan BBM sejak beberapa hari terakhir. Stok BBM jenis solar sempat beberapa kali kosong dari sejumlah SPBU.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index