Hebat..Siswi SMKF Ikasari Pekanbaru Juara III LKS Tingkat Nasional

Hebat..Siswi SMKF Ikasari Pekanbaru Juara III LKS Tingkat Nasional
Siswi berprestasi SMKF Ikasari. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru berhasil mengharumkan nama Provinsi Riau di tingkat nasional, melalui pelaksanaan Lomba Kreatifitas Siswa (LKS) Nasional di Provinsi Palembang 22-24 Agustus lalu. SMK Farmasi Ikasari selaku perwakilan Provinsi Riau berhasil meraih juara III di bidang farmasi.

Prestasi tersebut ditorehkan atas nama Lucy Maryeni siswi kelas XII 2 Farmasi, dengan menampilkan pembuatan obat berdasarkan resep dokter, Lucy berhasil menyisihkan 19 peserta lainnya dari berbagai daerah di Indonesia guna merebut peringkat ketiga.

Ketika ditemui di kelasnya, Lucy mengungkapkan bahwa ia tidak menyangka bisa meraih juara pada ajang nasional. Apalagi, pelaksanaan LKS tersebut merupakan ivent pertama yang ia ikuti.

"Alhamdulillah saya mampu memberikan yang terbaik untuk sekolah dan Riau pada ajang LKS Nasional. Awalnya cukup takut dan deg-degan juga mengikuti pelaksanaan lomba. Sebab di tingkat nasional tentu persaingan akan lebih ketat dan kuat. Namun, berkat doa pihak sekolah, tekad bulat diimbangi dengan persiapan yang sudah dilakukan sejak tiga bulan terakhir, saya optimis bisa memberikan hasil yang maksimal," ungkap Lucy, Selasa (26/8/2014).

Pembimbing LKS SMK Farmasi Ikasari Yanet Triski Nigrum, mengaku untuk mengikuti LKS, terlebih dahulu pihak sekolah melakukan seleksi yang diikuti 16 siswa. Berdasarkan hasil seleksi, terpilihlah Lucy Maryeni. Setelah lulus, Lucy pun diberikan pembekalan berupa pengetahuan, ilmu farmasi dan lainnya.

"Pada dasarnya Lucy ini sudah memiliki dasar ilmu kefarmasian, jadi sekolah tinggal memoles kemampuannya saja. Untuk persiapan LKS Nasional, kami melaksanakan persiapan praktek, latihan pembuatan jurnal, pemahaman teori farmasi serta memantapkan presentasi dengan menggunakan power point," sebut
Yanet.

Menanggapi torehan prestasi yang telah diraih siswanya, Kepala SMK Farmasi Ikasari Syahrullah Jadid SPd, mengaku bangga karena salah satu siswanya bisa meraih juara pada ajang nasional. Itu membuktikan siswa SMK Farmasi bisa bersaing secara nasional.

"Alhamdulillah, siswa kami atas nama Lucy Maryeni telah berhasil mengangkat dan mengharumkan nama sekolah dikancah pendidikan nasional. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung, terutama tim pembimbing yang sudah berusaha mendidik dan membimbing Lucy jauh sejak pelaksanaan LKS. Prestasi ini semakin membuktikan bahwa siswa ataupun lulusan SMK Farmasi Ikasari siap bersaing secara nasional," tutur Syahrullah.

Disinggung soal reward yang diberikan sekolah kepada siswa berprestasi, Syahrullah menjelaskan bahwa sekolah tetap akan memberikan apresiasi kepada siswa yang telah memberikan kontribusi untuk kemajuan sekolah.

"Kami berencana akan membebaskan uang praktek Lucy yang telah meraih juara III LKS Nasional. Namun, sebelum itu hal ini akan dibicarakan bersama jajaran guru dan wakil. Saya berharap apa yang sudah diraih Lucy bisa memotivasi siswa lain untuk terus mengembangkan kemampuan dan kualitas demi meraih prestasi membanggakan lainnya, baik itu dibidang akedemis maupun non
akademi," tutur Syahrullah. (ade)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index