Harga Udang Vannamei Anjlok Petani Tambak Mengeluh

Harga Udang Vannamei Anjlok Petani Tambak Mengeluh
Suhaimi Petani Tambak Udang Vannamei menunjukkan udang di tambaknya. (hasbi)

BIREUEN, RiauAktual.com - Anjloknya harga udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) di pasaran telah membuat petani tambak risau, apa lagi jika dikalkulasi harga pakan dengan harga jual udang yang saat ini berkisar antara Rp67.000 per 40 ses (ekor), sedangkan sebelumnya harga udang Vannamei 40 ses (ekor) mencapai Rp130.000.

Suhaimi, salah seorang petani tambak di Teupoek Baroeh, Jeumpa, Bireuen, Aceh, yang ditemui Pemuda Tani HKTI Aceh Tarmizi A Gani bersama wartawan, baru-baru ini, menyampaikan keluhannya karena harga jual udang Vannamei dengan harga pakan mulai tidak sesuai.

Suhaimi merinci pakan perhari mencapai 74 kg dengan jumlah 300.000 ekor udang di tambak dengan umur 55 hari, dan jika umurnya makin bertambah maka pakanpun terus bertambah, harga pakan saat ini Rp360 ribu/sak 25 kg.

Suhaimi berharap agar pemerintah bisa mengantisipasi masaalah yang dihadapi petani tambak di Aceh, apa lagi menurut sang petani tersebut udang Vannamei ini merupakan jenis udang yang bernilai ekspor tinggi, dan bahkan dimakan oleh orang kaya.

Sementara Pemuda Tani HKTI Aceh, menyarankan agar pemerintah Aceh membangun pabrik pakan di Aceh sehingga petani tambak di Aceh bisa membeli pakan dengan harga yang lebih murah, dan tidak perlu lagi berurusan sampai ke Medan Sumatra Utara, selanjutnya ikut andil menciptakan kestabilan harga sehingga petani udang bisa bergairah. ***

Laporan: Hasbi, Aceh
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index