Ditlantas Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas di SMPN 24 Pekanbaru

Ditlantas Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas di SMPN 24 Pekanbaru
Ditlantas Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas di SMPN 24 Pekanbaru. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - AKBP Elvanis, Kasubnit Dikyasa Polda Riau, adakan sosialisasi tertib berlalulintas untuk murid SMPN 24 Pekanbaru. Kegiatan ini dalam rangka menyampaikan pentingnya tertib berlalu lintas kepada pelajar. Adapun kegiatan tersebut merupakan program dari Polda Riau yakni program Police Go to School, yang dilaksanakan di halaman SMPN 24 Pekanbaru, Senin (18/8/2014).

Menurutnya, tertib itu bukan hanya berlalu lintas saja tapi bisa ditanamkan tertib berlalu lintas itu dalam diri sendiri, seperti di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Maka dalam Untuk materinya menyangkut tentang sopan santun di jalan raya, tertib berlalulintas dan tentang berkendaraan yang berkeselamatan.

"Dari lingkungn sekolah inilah tertib akan berjalan sendiri untuk tertib di jalan raya. Contohnya dapat datang ke sekolah tepat waktu, merapikan buku-buku, dan menaati aturan yang berlaku di sekolah," ujar Elvanis.

Jika berkendara roda dua, sebutnya, baik yang mengendarai maupun yang dibonceng wajib menggunakan helm. Sedangkan yang menggunakan mobil wajib memasang sabuk pengaman untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

"Sejak dini kedisiplinan dan tertib berkendaraan wajib dicanangkan, hingga kedepannya adik-adik kita ini bisa mengingatkan orangtuanya maupun orang sekitar, dan nanti bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tuturnya.

Kepala SMPN 24 Pekanbaru Fitra Yulia Rozi MPd, meyampaikan, program police go to school ini sangatlah bermanfaat bagi SMPN 24 ini. Karena, jujur SMPN 24 Pekanbaru yang masih banyak siswanya membawa sepeda motor. Dengan kedatangan polisi lalu lintas yang menerangkan bahwa siswa belum dibenarkan membawa sepeda motor, dan dianjurkan untuk bersepeda ke sekolah.

"Tapi ini semua karena keterbatasan angkutan umum yang sampai ke sekolah maka masih banyak siswa kita yang memakai sepeda motor ke sekolah. Dan dari pihak Lantas yang datang menerangkan pentingnya tertib terlalulintas, dan bahanya siswa di bawah umur yang mengendarai sepeda motor, maka kita sangatlah terbantu dalam informasi," papar Rozi. (ade)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index