Mahasiswa Kkn Balek Kampung Desa Teluk Rhu, Produksi Jamu Peningkat Imunitas Tubuh

Mahasiswa Kkn Balek Kampung Desa Teluk Rhu, Produksi Jamu Peningkat Imunitas Tubuh

Riauaktual.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balek Kampung Kelurahan Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis melaksanakan pembuatan Jamu Empon-Empon.

Sudah tidak menjadi rahasia umum jika rempah-rempah di Indonesia memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Seringkali rempah-rempah ini dijadikan jamu yang dapat diandalkan ketika daya tahan tubuh sedang menurun.

Sekretaris tim Kukerta Balek Kampung Desa Teluk Rhu, Selma Khalida, menerangkan bahwa kiat konsumsi jamu ini bertujuan untuk mempertahankan imun tubuh masyarakat ditengah pandemi Covid-19 agar tidak mudah terserang virus dan bakteri.

"Awalnya kegiatan ini bekerja sama dengan kelompok ibu-ibu PKK. Namun, beberapa anggotanya kurang sehat, sehingga salah satu anggotanya menyarankan pembuatan jamu dilakukan oleh tim Kukerta dan dibagikan keseluruh anggota kelompok ibu-ibu PKK," sebutnya

Kegiatan yang berlangsung pada, Jum'at (21/8) lalu ini, dimulai dengan pembelian bahan rempah-rempah di warung terdekat. Lalu, pembuatan jamu dilakukan di posko Kukerta Balek Kampung Desa Teluk Rhu. Setelah itu, tim KUKERTA membagikan 25 botol jamu empon-empon sekaligus mengikuti wirid yang rutin dilakukan oleh ibu-ibu PKK pada jum’at siang. Selain kelompok ibu – ibu PKK, tim kukerta juga membagikan jamu tersebut ke masyarakat sekitar posko kukerta 

Pembuatan jamu ini diharapkan dapat meningkatkan imun, mengobati batuk dan menghangatkan tubuh. Selain menyehatkan, dapat juga bernilai ekonomis karena untuk penjualan jamu belum ada di Desa Teluk Rhu.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Kelompok ibu-ibu PKK. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan KKN ini, Sejujurnya pembuatan jamu di Desa Teluk Rhu jarang ditemukan, dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan kami tentang manfaat dan cara mudah membuat jamu." ujar salah satu Ibu PKK.
 

Berita Lainnya

View All