Satgas Nemangkawi Terlibat Baku Tembak, Sosok Penting KKB di Papua Berhasil Ditangkap

Redaksi

Rabu, 04 Agustus 2021 - 08:11:00 WIB | Cetak


Lekagak Telenggen. salah satu pimpinan KKB yang diburu TNI/Polri



Riauaktual.com - Kembali, anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang berstatus buronan berhasil ditangkap Satgas Nemangkawi.

Anggota KKB yang buron itu diketahui bernama Kopengga Enumbi.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Mustofa Kamal menyatakan, Kopengga Enumbi adalah buronan kasus perampokan senjata api milik Polri di Pospol Kulitik Puncak Jaya, Papua.

Pelaku ditangkap pada Selasa (3/8/2021) sekitar pukul 11.20 WIT.

Kopengga Enumbi ditangkap di Jalan Trans Wamena-Puncak Jaya, Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya.

“Yang bersangkutan pelaku pencurian dengan kekerasan delapan senjata di Pospol Kulirik Kabupaten Puncak Jaya pada 4 Januari 2014,” kata Kamal dalam siaran persnya.

Penangkapan tersebut dipimpin Satgas Lidik Gakkum Nemangkawi, Ipda Dedi Sudomo.

Namun, penangkapan itu tidak berjalan mudah. Pasalnya, pihaknya sampai terlibat baku tembak dengan KKB kelompok Kopengga Enumbi.

“Terjadi baku tembak dengan kelompok Kopengga Enumbi dan dibackup Yon Raider 613/RJA, hingga Kopengga Enumbi berhasil dilumpuhkan,” terangnya sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

Perwira menengah Polri yang juga Kabid Humas Polda Papua ini menyatakan, selama ini Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi berperan memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen.

“Pelaku juga merupakan adik kandung Lerimayu Enumbi (KKB Yambi),” bebernya.

Selain menangkap Kopengga Enumbi, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti.

Di antaranya 11 butir amunisi jenis SS1 kaliber 5,56 mm, 1 pisau badik, 1 helm warna hijau stabilo, 1 HP samsung, rokok, pinang dan tas Noken.

“Satgas Nemangkawi akan terus bersinergi dan menindak tegas separatis maupun kelompok kriminal bersenjata yang mengancam kamtibmas Papua,” tandasnya. 





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index