Hore...Libur Sekolah Dalam Rangka Lebaran Mulai 21 Juli Ini

Hore...Libur Sekolah Dalam Rangka Lebaran Mulai 21 Juli Ini
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dalam bulan suci Ramadhan, siswa belajar efektif hanya 14 hari dimulai pada 7 Juli hingga 19 Juli 2014, setelah itu mereka mulai memasuki masa liburan panjang. Dijadwalkan mulai libur siswa yaitu pada 21 Juli hingga 10 Agustus mendatang. Demikian disampaikan Kabid Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Muzailis MM, Kamis (17/7/2014).

"Masa libur panjang ini jangan berefek malas kepada siswa, kita minta saat dimulainya belajar efektif nanti jangan ada lagi yang bermalas-malasan terbawa suasana libur panjang. Pihak sekolah beserta tenaga kependidikannya harus membangun semangat peserta didik untuk bersaing dalam bidang akademis dan prestasi," ujar Muzai.

Muzai menghimbau, kepada sekolah sehubungan libur panjang yang dijalani para siswa nanti, agar sekolah mensiasati waktu libur siswa tetap masih dalam kendali sekolah.

"Sekolah kita minta mensiasati agar anak tidak lepas dari kendali, dengan diberikan tugas dalam kategori ringan. Anak tentunya masih dalam kendali sekolah, dan ini penting agar anak merasa ada tangung jawab yang harus dilakukan saat kembali kesekolah," harap Muzailis.

Disinggung tentang penegakan disiplin bagi yang memperpanjang masa liburannya, apakah pelajar atau tenaga kependidikan semuanya sudah ada aturan yang mengatur tentang konsekuensi yang akan diterima individu, Muzai menjelaskan, semuanya tentu ada sanksi sesuai dengan aturan kedisiplinan yang ada.

"Kita di hari pertama masuk sekolah akan turun bersama tim melakukan pemantauan, bagi siswa yang kedapatan menambah libur maka sekolah lah yang mempunyai kebijakan. Namun jika ada guru, staf bahkan kepala sekolahnya yang menambah-nambah libur, maka Disdik akan memberi tindakan tegas," jelas Muzai. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index