637 Siswa Kurang Mampu di Pekanbaru Terima Zakat Produktif

637 Siswa Kurang Mampu di Pekanbaru Terima Zakat Produktif
Walikota menyerahkan zakat kepada siswa. FOTO: ver

PEKANBARU, RiauAktual.com - Sebanyak 637 siswa dari keluarga kurang mampu tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA sederajat se-Kota Pekanbaru, menerima zakat produktif sebesar Rp750 ribu per siswa. Walikota Pekanbaru H Firdaus MT, melakukan penyerahan bantuan secara simbolis di aula kantor Bappeda Pekanbaru, Kamis (17/7/2014). Zakat produktif yang disalurkan ke ratusan siswa tersebut bersumber dari pemotongan gaji profesi guru dan Disdik sebesar 2,5 persen per bulan.

"Sejak diterapkan pada 2013, hingga saat ini sudah ada sekitar 5.000 guru yang turut menyumbang melalui pemotongan gaji profesi setiap bulan," ungkap walikota.

Disebutkan walikota, dari data yang disampaikan Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, per tahunnya dana yang terkumpul dari pemotongan gaji profesi guru 2,5 persen per bulannya mencapai angka Rp3 miliar lebih.

"Jika dipersentasekan dengan besaran gaji pokok guru per bulan, zakat tersebut hanya berkisar Rp100 ribu per orang perbulan," jelasnya.

Selain disalurkan kepada siswa dari sekolah negeri, terang walikota, zakat produktif tersebut juga diberikan ke siswa kurang mampu yang berasal dari sekolah swasta. Sedikitnya, ada 22 ribu siswa yang diusulkan setiap tahunnya untuk mendapatkan zakat produktif tersebut.

"Rata-rata satu sekolah mengusulkan lima hingga enam siswa. Karena zakat ini juga disalurkan ke siswa di sekolah swasta, kita juga mengajak guru di sekolah swasta tersebut agar ikut menyalurkan zakat," harapnya.

Pemko, sambung walikota, sejauh ini juga terus menyalurkan bantuan berupa peralatan sekolah bagi siswa kurang mampu di Pekanbaru. "Pertahun, jumlah siswa yang menerima bantuan seperti buku, baju, sepatu dan lainnya, itu mencapai angka 16.450 orang," tutupnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index