(ils)

LIPI: Imbas Debat Terakhir, Banyak Undecided Voters Pilih Prabowo

Senin, 07 Juli 2014 - 15:37:35 WIB Di Baca : 45369 Kali


NASIONAL - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, acara debat kandidat sangat mempengaruhi persepsi 'undecided voters' (pemilih yang belum menentukan pilihan).
 

Dampak dari debat kandidat terakhir, Sabtu lalu, boleh jadi banyak suara 'undecided voters' yang mengalir ke pasangan nomor urut satu.
 

Mengapa demikian? Siti menjelaskan, suara 'undecided voters' mayoritas berada di perkotaan, bukan di pedesaan. Kebanyakan dari pemilih yang masih belum menentukan itu memiliki tingkat informasi soal politik serta memiliki independensi yang cukup baik.
 

"Tak tertutup kemungkinan arah dukungan paling banyak mengalir ke nomor satu. Sebab pasangan nomor urut dua lebih menguasai masyarakat pedesaan," ujar Siti.
 

Selain itu, koalisi partai-partai pendukung pasangan nomor urut satu memiliki basis lebih banyak di kawasan perkotaan ketimbang pedesaan. Dukungan tokoh, komunitas serta jaringan pasangan nomor urut satu bergerak efektif di perkotaan, bukan di pedesaan.
 

Dalam survei LIPI sendiri, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dengan angka 43 persen, sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat 34 persen.
 

Tingkat keterpilihan ini didasarkan pada pertanyaan penelitian, "Jika pemilihan presiden digelar pada hari ini, siapakah yang akan Anda pilih?"
 

Dari jumlah tersebut ada 23 persen responden yang belum menentukan pilihan. Penelitian yang dilakukan secara nasional tersebut dilakukan dari tanggal 5 Juni sampai 24 Juni 2014.
 

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel sebanyak 790 responden.
 

 

Sumber : Tribun





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com