MOS di SMAN 4 Pekanbaru Bernuansa Religius

MOS di SMAN 4 Pekanbaru Bernuansa Religius
Pelaksanaan MOS di SMAN 4 Pekanbaru. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) hari pertama di SMAN 4 Pekanbaru, diawali dengan pembukaan Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj Nurhafni MPd, dengan pemasangan tanda peserta MOS yang diwakilkan dua orang.

Kemudian dilanjutkan dengan materi yang telah disusun panitia, materi MOS tahun ini yakni tentang pengenalan kurikulum 2013, tata tertib sekolah, peraturan berlalu lintas, narkoba, peraturan di lingkungan AURI, peduli lingkungan dan pramuka dasar. Kegiatan MOS diawali dengan membaca Ayat suci Al-Quraan, tadarus dan baru masuk pada materi yang telah disusun panitia.

"Materi kegiatan kita bekerjasama dengan instansi pemerintah, untuk peraturan berlalu lintas, narkoba serta geng motor dari Kapoltabes. Sedangkan untuk peraturan Auri kita bekerjasama dengan pihak Auri. Untuk kepedulian lingkungan kita kerjasama dengan pusat pengelolalan ekoregion sumatera Kementerian Lungkungan Hidup," ujar Nurhafni, Jumat (4/7/2014).

Lebih lanjut, Nurhafni menjelaskan, kegiatan MOS setiap harinya diakhiri dengan kegiatan ceramah agama dan sholat berjamah di mushola SMAN 4. Dalam sambutannya Nurhafni mengucapkan, selamat datang kepada siswa baru di SMAN 4 Pekanbaru.

"Syukurilah siswa didik baru sudah bisa sekolah dan masuk ke SMAN 4, untuk itu diminta agar siswa bisa belajar dengan sungguh sungguh dan disiplin. Walaupun sekarang MOS di bulan Ramadhan kita kurangi aktivitas di luar ruangan, dan tidak mengurangi makna kegiatan MOS, tapi lebih bernuansa Ramadhan," ungkapnya.

Tujuan diadakan kegiatan MOS yang bernuansa Religius, yakni untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan tapi tetap dengan tidak mengurangi makna dari MOS itu sendiri. Dalam kegiatan MOS hari pertama juga disampaikan beberapa prestasi SMAN 4 akhir-akhir ini yang luar biasa. Diantaranya sekolah Adiwiyata yang diusulkan ke Nasional, sekolah pelaksana pendidikan Anti korupsi oleh Kemendikbud, dan lebih dari 110 Alumni SMAN 4 Pekanbaru lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit dengan jalur BPUD dan SMNPTN.

"Hal ini patut kita syukuri dan tentunya kita tingkatkan lagi dan pertahankan bersama, semuanya kita peroleh dari hasil kerja keras dan kekompakan warga sekolah. Tujuannya untuk kemajuan SMAN 4 dan bukan berarti kita jadi sombong, tapi mari kita bersama-sama untuk meningkatkan kemajuan Pendidikan di SMAN 4 Pekanbaru," harapnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index