Ilustrasi. FOTO: int

Pekerja Lapangan, Hindari Minum Kopi dan Teh saat Sahur

Selasa,01 Juli 2014 - 11:38:24 WIB Di Baca : 46601 Kali

RIAUAKTUAL.COM - Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan hal yang sangat penting. Namun, tubuh berisiko mengalami dehidrasi karena cairan yang hilang tidak bisa langsung digantikan ketika berpuasa.

Kondisi inipun juga sangat berdampak bagi pekerja yang berada di luar ruangan, terutama pada siang hari. Menurut occupational health physician, Dr Abed Onn, mereka lebih berisiko mengalami dehidrasi selama berpuasa. Padahal, sangat penting menjaga tubuh terhidrasi.

“Para pekerja yang paling terkena dampak adalah mereka yang bekerja di sektor bangunan dan konstruksi. Paparan sinar matahari dan beratnya pekerjaan yang mereka lakukan akan secara alami menyebabkan dehidrasi,” katanya, seperti dilansir Thestar.

Memang, tidak ada cara realistis untuk menghindari fenomena ini karena sifat dari pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, Dr Abed Onn mengatakan bahwa pengusaha dapat meminimalkan itu dengan menyediakan perlindungan yang lebih dari sinar matahari dan mengalokasikan waktu istirahat untuk para pekerja.

“Selain meminimalkan pekerja untuk berkeringat di siang hari, sangat penting bagi mereka untuk minum cairan yang cukup di malam hari dan sebelum sahur sehingga menghindari dehidrasi,” jelasnya.

Selain itu, Dr Abed Onn juga menganjurkan orang-orang yang berpuasa untuk minum kopi atau teh saat sahur. Tingginya kafein dalam kedua jenis minuman tersebut dapat meningkatkan produksi urine sehingga tubuh semakin banyak kehilangan cairan selama berpuasa. (rrm)





Sumber: Okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...