7 Cara Mengetahui HP Disadap dan Tips Mengatasinya Foto: istimewa

Berikut 7 Cara Mengetahui HP Disadap dan Tips Mengatasinya

Kamis, 10 Juni 2021 - 18:52:46 WIB Di Baca : 902 Kali


Riauaktual.com -  Penyadapan HP atau ponsel bukan hanya sesuatu yang ada di film Hollywood saja. HP kalian bisa saja disadap oleh siapapun, mulai dari hacker, mantan pasangan, bos sampai pihak berwajib.

HP yang sudah di-jailbreak atau di-root biasanya lebih rawan disadap. Orang yang menyadap HP kalian tidak hanya bisa mendengarkan panggilan telepon, tapi juga membaca dan mengirimkan SMS atau email, bahkan mengubah tampilan antarmuka

Tapi untungnya ada banyak tanda-tanda yang bisa dilihat untuk mengetahui apakah HP kalian disadap atau tidak. Berikut tujuh cara mengetahui HP disadap dan tips untuk mengatasinya, seperti dikutip dari MakeUseof, Kamis (10/6/2021).

1. Baterai bermasalah

Sering mengalami baterai yang cepat habis atau cepat panas padahal sedang tidak digunakan untuk aktivitas berat? Bisa jadi ada aplikasi jahat yang dipasang diam-diam untuk menyadap HP kalian.

Jika sudah mencurigai kalau kalian menjadi korban penyadapan, coba monitor penggunaan HP kalian sehari-hari. Perhatikan aplikasi apa saja yang dipakai dan bagaimana efeknya terhadap daya tahan baterai.

Kalian bisa mengecek aplikasi apa saja yang paling haus baterai dan durasi penggunaannya lewat Settings di HP. Kalau ternyata penggunaannya normal tapi baterai HP kalian tetap bermasalah, ada kemungkinan perangkat kalian sudah disusupi aplikasi jahat.

2. Kuota internet cepat habis

Cara lainnya untuk mengetahui apakah HP disadap adalah dengan memantau kuota internet. Biasanya, aplikasi jahat yang diinstal diam-diam oleh hacker atau penyadap tidak hanya membuat boros baterai tapi juga kuota internet.

Aplikasi ini biasanya berjalan di background, menyedot banyak informasi dari ponsel, dan mengirimkannya ke server tanpa sepengetahuan pengguna. Tiba-tiba kuota internet yang baru diisi ulang sudah habis begitu saja.

Kalau sudah begini, coba lihat daftar aplikasi di ponsel yang paling haus kuota. Jika penggunaannya normal dan jawabannya tidak langsung ditemukan, bisa jadi ada aplikasi tersembunyi yang menghabiskan kuota internet kalian.

3. Muncul iklan mengganggu

Sebagai pengguna HP, kalian pasti berusaha untuk mengamankan perangkat sebaik mungkin dengan mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi. Tapi kadang ada aplikasi yang tidak tersedia dan memaksa kalian untuk mengunduhnya dari situs pihak ketiga.

Sayangnya, banyak situs pihak ketiga yang keamanannya diragukan. Aplikasi yang diunduh lewat situs ini bisa saja palsu atau bahkan berisi malware yang berbahaya.

Malware biasanya memiliki banyak fungsi, termasuk untuk menyadap HP. Kadang malware ini juga menampakkan wujudnya dengan menampilkan iklan yang mengganggu, bahkan sulit dihilangkan di HP. Jadi kalau tiba-tiba HP kalian dibombardir iklan, coba periksa lagi aplikasi yang ada di dalamnya.

4. HP jadi lemot

Baterai jadi bermasalah, koneksi internet dipakai diam-diam, dan muncul iklan yang mengganggu tentu akan memaksa HP kalian untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Akhirnya performa HP yang biasanya gesit untuk multitasking kini jadi lambat bahkan untuk melakukan aktivitas sederhana.

Jadi kalau HP kalian tiba-tiba lemot jangan langsung buru-buru beli HP baru. Coba selidiki apakah ada aplikasi mencurigakan yang menyedot semua sumber daya sehingga membuat kinerja HP jadi lambat.

5. Menerima SMS dengan huruf aneh

Saking banyaknya SMS spam yang diterima dalam sehari, kadang kita suka mengabaikan SMS aneh yang masuk. Hati-hati, SMS dengan karakter, digit, dan simbol aneh yang kalian terima mungkin saja tanda bahwa HP kalian sudah disadap.

Beberapa aplikasi penyadap ada yang menerima perintah dari server pusatnya dalam bentuk SMS yang sudah berisi kode. SMS ini juga kadang digunakan oleh aplikasi penyadap untuk berkomunikasi dengan kreatornya.

Tidak hanya itu, aplikasi penyadap atau malware juga bisa mengirimkan SMS tanpa sepengetahuan kalian. Kalau ada anggota keluarga atau teman yang mengeluh setelah menerima SMS aneh dari nomor kalian, artinya HP kalian telah disadap dan si penyadap mencoba menginfeksi perangkat orang terdekat kalian.

6. Website terlihat berbeda

Aplikasi penyadap atau malware juga bisa mengubah tampilan website favorit kalian. Aplikasi ini bertindak sebagai proxy dan mencegat komunikasi kalian dengan situs yang ingin dikunjungi.

Malware bisa saja menampilkan halaman palsu yang terlihat sangat mirip seperti situs aslinya, atau sekedar melacak aktivitas kalian di internet. Ini akan menjadi masalah besar kalau kalian membuka situs yang membutuhkan informasi pribadi seperti password atau rincian online banking.

7. HP sulit dimatikan

Cara lainnya untuk mengetahui Hp disadap adalah dengan memperhatikan perilaku HP yang tidak seperti biasanya. Misalnya kalau HP kalian sering mati atau menyala sendiri atau mulai menginstal aplikasi tanpa seizin kalian.

HP yang sudah disadap juga biasanya jadi kurang responsif dan sulit dimatikan karena sudah diambil alih oleh orang lain. Saat mematikan HP, coba perhatikan apakah prosesnya bisa gagal atau backlight tetap menyala meski proses shut down telah berhasil.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com