Listrik 15 Desa Putus Akibat Longsor, PLN Turunkan Tim

Listrik 15 Desa Putus Akibat Longsor, PLN Turunkan Tim

Riauaktual.com - Akibat longsor yang terjadi di Jalan Lintas Desa Merangin Kabupaten Kampar, Riau saat menjelang buka puasa Jumat (7/5) kemarin, mengakibatkan tumbangnya sebuah tiang listrik di lokasi.

Manager PLN UP3 Pekanbaru, Yuliandra Syahrial Nurdin menjelaskan dari kejadian tersebut mengakibatkan putusnya pasokan listrik yang dirasakan oleh sekitar 15.900 pelanggan di beberapa daerah di Kabupaten Kampar. Ada 15 desa yang gelap gulita akibat longsor tersebut.

Daerah yang terdampak padam yaitu Desa Batulangka, Kabun, Giti, Aliantan, Bonotapung, Kumain, Tandun, Kasikan, Puo Raya, Langgak, Dayo, Bencah Kusuma, Tapung, Ujung Batu Timur dan Kelurahan Ujung Batu.

"Kami mengerahkan sejumlah 20 personel yang terdiri tim teknik PLN ULP Bangkinang, tim teknik PLN ULP Ujung Batu beserta mitra kerja untuk mempercepat proses pemulihan," kata Yuliandra, Sabtu (8/5).

Yuliandra menjelaskan tim melakukan upaya awal dengan meminimalisir daerah yang terdampak padam akibat gangguan penyulang tersebut. Tim melakukan manuver penyulang, untuk trafo distribusi yang dimanuver normal sejumlah 9 unit.

"Akses jalan terputus akibat tanah longsor menjadi kendala kami dalam upaya perbaikan gangguan jaringan listrik," tuturnya.

Kondisi Sabtu dini hari, tim PLN bersama dengan Dinas PUPR Kabupaten Kampar berhasil menyelesaikan penggantian tiang yang tumbang tersebut. Menurutnya, secara berangsur - angsur pasokan listrik dapat normal kembali.

Untuk mengatisipasi terjadi longsor susulan yang dapat mengakibatkan terputusnya kembali pasokan listrik dan untuk mengamankan potensi bahaya listrik di lokasi tersebut, PLN menyiagakan penuh tim pelayanan teknik.

"Semua tim kami siagakan sampai dengan kondisi aman dan akses jalan sudah bisa dibuka kembali. Kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan kami atas ketidaknyamanan yang dirasakan dari dampak terputusnya pasokan listrik akibat longsor ini," jelasnya.

Dia juga meminta kepada seluruh pelanggan PLN agar dapat melaporkan segala bentuk gangguan atau keluhan kelistrikan melalui call center PLN di (kode area) 123 atau dengan Aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload di Smartphone melalui AppStore maupun PlayStore. (San)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index