Berikut 7 Olahraga Penambah Tinggi Badan, Renang hingga Bergelantungan

Berikut 7 Olahraga Penambah Tinggi Badan, Renang hingga Bergelantungan
Olahraga penambah tinggi badan (Foto: Thinkstock)

Riauaktual.com - Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, mulai dari genetik hingga keturunan. Salah satu yang tidak kalah penting adalah olahraga.

"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda," kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr Joseph Gigante, dikutip dari laman Mom.

Kombinasi berbagai faktor akan menentukan apakah pertumbuhan tinggi badan seseorang bisa maksimal atau tidak. Secara genetik punya 'bakat' jangkung, kalau nutrisi dan faktor lain tidak terpenuhi maka hanya akan jadi 'bakat' terpendam.

Beberapa olahraga yang diyakini bisa membantu meningkatkan tinggi badan adalah sebagai berikut:

1. Stretching
Peregangan atau stretching merupakan komponen penting dalam olahraga apapun. Selain melenturkan otot-otot, peregangan juga penting untuk menjaga rang of motion saat beraktivitas.

Gerakan peregangan yang berguna untuk menambah tinggi badan antara lain berdiri membelakangi dinding lalu mengangkat tangan setinggi mungkin.

2. Bergelantungan
Anak-anak biasanya suka bergelantungan. Bukan hanya menyenangkan, permainan olahraga ini juga berguna untuk meluruskan tulang belakang. Postur ideal akan membuat tinggi badan lebih optimal.

3. Yoga
Ada banyak sekali gerakan stretching dalam yoga. Beberapa pose dalam yoga juga efektif mendorong pertumbuhan tinggi badan.

Selain itu, renang dan lompat tali juga punya manfaat terkait tinggi badan.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index