Ujian Kenaikan Kelas Tanggal 9 Hingga 14 Juni 2014

Ramadhan, Libur Sekolah Dimulai Tanggal 23 Juni

Ramadhan, Libur Sekolah Dimulai Tanggal 23 Juni
Sekretaris Disdik Pekanbaru Abdul Jamal. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ujian kenaikan kelas akan dimulai pada  tanggal 9-14 Juni 2014 ini dan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru sudah menetapkan libur kenaikan kelas yang dimulai tanggal 23 Juni yakni usai penerimaan lapor 21 Juni 2014. Hal ini disampaikan Sekretaris Disdik Abdul Jamal MPd, Rabu (4/6/2014).

Jamal mengatakan, untuk jadwal libur yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tersebut, masih menunggu penetapannya. Jika memang tidak ada perubahan, maka sudah pasti jadwal tersebut akan disegera diberlakukan oleh Disdik Kota Pekanbaru.

"Libur dimulai sebelum memasuki bulan Ramadhan, dan saya kira itu sudah pasti. Namun, kami tetap menunggu penetapan resminya nanti," ujar Jamal.

Memang jadwal libur tersebut belum secara resmi diumumkan ke pihak sekolah-sekolah, namun dipastikan setelah adanya penetapan resmi dalam waktu dekat ini akan segera diinformasikan ke sekolah-sekolah. Kepastian akan diumumkan ketika para pelajar usai mengikuti ujian semester atau setelah pembagian rapor.

"Pembagian raport akan dijadwalkan pada 21 juni mendatang, setelah itu tentu mereka diliburkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan tadi," tuturnya.

Sementara ujian semester berdasarkan jadwal kalender Disdik Kota Pekanbaru, yakni tanggal 9 Juni 2014. Ujian semester akan dilaksanakan serentak bagi seluruh tingkatan sekolah, baik negeri maupun swasta. Sedangkan untuk Proses Belajar Mengajar (PBM) selama bulan Ramadhan, Jamal menambahkan, waktu PBM akan dikurangi untuk tiap mata pelajarannya.

Jika normalnya setiap mata pelajaran mencapai hingga 45 menit, maka akan dikurangi menjadi 25-30 menit untuk setiap mata pelajarannya.

"Selain pengurangan jam pelajaran, untuk pelajaran di luar ruangan seperti olahraga juga akan dikurangi. Kegiatan PBM akan diisi dengan banyak-banyak mengaji serta pelajaran agama," tutup Jamal. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index