SMPN 24 Pekanbaru Wajibkan Siswa Ikut Ekskul Pramuka

SMPN 24 Pekanbaru Wajibkan Siswa Ikut Ekskul Pramuka
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Jelang penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014/2015 mendatang, SMPN 24 Pekanbaru mulai melakukan berbagai persiapan. Tidak hanya memberikan pelatihan kepada guru akan dasar-dasar kurikulum 2013, SMPN 24 juga memantapkan penerapan ekskul pramuka. Hal itu dilakukan karena ekskul pramuka merupakan ekskul wajib dalam penerapan kurikulum 2013.

Kepala SMPN 24 Pekanbaru Fitra Yulia Rozi, mengakui bahwa ekskul pramuka memang sudah lama diterapkan di SMPN 24, namun tidak semua siswa yang mengikuti. Makanya, karena ekskul pramuka merupakan ekskul wajib dalam kurikulum 2013, pihaknya mulai membenahi kekurangan kekurangan yang ada dalam kepramukaan di SMPN 24.

''Mulai tahun ajaran 2014/2015 nanti semua siswa diwajibkan mengikuti ekskul pramuka, berbagai kekurangan pun sudah kami benahi. Alhamdulillah, kini secara perlahan-lahan ekskul pramuka sudah mulai aktif dan mulai meraih beberapa prestasi,'' ujar Rozi saat ditemui RA di ruang kerjanya, Jumat (23/5/2014).

Dikatakan Rozi, banyak nilai positif yang terkandung dalam pramuka, salah satunya adalah membangun karakter siswa menjadi lebih mandiri, terampil, berani, bertanggung jawab, tolong menolong, bekerjasama dan masih banyak lagi nilai positif yang sesuai dengan karakter bangsa.

''Dengan aktif dalam pramuka, anak tidak Gaptek terlebih dengan kecanggihan gadget yang cenderung menjadikan anak tidak mengenal dunia sesungguhnya,'' ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam pramuka para siswa diajarkan beberapa hal seperti baris berbaris, semapur, morse, tali temali dan lainnya. Rozi berharap dengan penerapan ekskul pramuka itu para siswa bisa bisa menjadi generasi muda yang dihandalkan dan memiliki karakter bangsa yang baik.

''Kami berharap dengan pendidikan nasional ini bisa menjadikan siswa menjadi generasi muda yang berkarakter. Dimana karakter itu tercermin dari sikap. Sebab, banyak orang pintar namun tidak berkarakter,'' tutur Rozi. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index