Riau Ranking IV Dalam Ajang OSN SMP Tingkat Nasional

Riau Ranking IV Dalam Ajang OSN SMP Tingkat Nasional
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional tahun 2014, Riau berhasil mengukir prestasi yang mengharumkan nama Riau di tingkat nasional. Pada OSN yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, kontingen Riau berhasil meraih peringkat empat nasional. Hal itu disampaikan Sekretatis Dinas Pendidikan Provinsi Riau Abdul Kadir.

Abdul Kadir mengaku bangga dengan perolehan prestasi siswa asal Riau ini, apalagi prestasi itu membuat Riau menempati peringkat IV nasional. "Ini jauh meningkat dibanding tahun lalu yang hanya meraih peringkat VII. Ini merupakan sejarah bagi Riau,” kata Abdul Kadir, Kamis (22/5/2014).

Kadir menjelaskan, dari 15 peserta yang dikirim, pemenang bisa dikatakan melebihi target Disdik. Hal itu tak lepas dari pembinaan yang dilakukan pihak sekolah maupun pemerintah pada siswa selama ini.

"Sedangkan dari Disdik, sebelum lomba mereka menjalani pembinaan selama seminggu di Pekanbaru. Ditambah juga dengan pembinaan tingkat nasional yang mereka terima di Padang. Kedepannya, pembinaan semacam ini akan terus dilakukan, sehingga tumbuh bibit-bibit baru di Riau yang mampu mengukir prestasi di bidang sains," paparnya.

Bagi para pemenang, Disdik memastikan akan ada penghargaan dari Pemprov. Disamping itu, siswa yang meraih medali emas juga akan dikirim ke Argentina untuk mewakili Indonesia di olimpiade sains tingkat internasional. Khusus untuk persiapan ke internasional, pembinaannya ditangani pemerintah pusat.

Salah seorang peserta OSN yang berhasil meraih medali emas Dean Fanggohans, siswa SMP Kalam Kudus Pekanbaru mengaku bangga karena kembali bisa mengharumkan nama Riau di kancah nasional.

Dean menjelaskan, keberhasilannya itu tak terlepas dari persiapan selama tujuh bulan yang dilakukannya serta motivasi dari sejumlah pihak.

"Saya mengakui lomba kali ini menggunakan sistim baru, terutama di tahapan eksperimen. Dimana, tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding OSN yang pernah saya ikuti sebelumnya. Belum lagi dengan adanya materi tambahan, seperti genetika dan fisiologi," kata Dean.

Dijelaskan Dean, tahun ini dirinya sengaja berlomba di bidang studi Biologi atau tidak lagi Fisika seperti OSN tahun lalu. Alasannya, Dean ingin kembali berlomba di tingkat internasional. Dengan medali emas yang ia raih, Dean berhasil mendapat tiket mewakili Indonesia berlaga di tingkat internasional.

Sementara itu, selain Dean juga ada enam siswa lagi yang meraih medali di ajang OSN tersebut, mereka adalah Dick Jessen Wiliam (SMP Santa Maria) dan Aditya Dwianto (SMPN 4 Pekanbaru), yang meraih medali perak di bidang Matematika.

Lalu Aby Lafkin (SMP Cendana) dan Raihan Naufal Widian (SMP As Shofa) yang masing-masingnya juga meraih medali perak di bidang Biologi. Kemudian ada Vishandi Rudy Keneta (SMP Dharma Yudha) mendapat medali perunggu di bidang Matematika dan Christoper Himawan (SMP Dharma Yudha) mendapat perunggu di bidang Fisika. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index