Ilustrasi virus Covid-19. (JawaPos)

Proporsi Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Rabu, 02 Desember 2020 - 08:19:20 WIB Di Baca : 586 Kali


Riauaktual.com - Kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Yang juga jadi perhatian, satu dari sembilan kasus Covid-19 adalah anak usia 0-18 tahun.

Berdasarkan data per 29 November 2020, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan proporsi kematian anak akibat Covid-19 dibanding seluruh kasus kematian di Indonesia 3,2 persen dan merupakan yang tertinggi di Asia Pasifik saat ini.

Hal ini bisa menjadi perhatian dan pertimbangan semua pihak, terlebih jelang pelaksanaan sekolah tatap muka Januari 2021 mendatang.

Sebab, disampaikan, anak yang tidak bergejala atau bergejala ringan dapat menjadi sumber penularan kepada orang di sekitarnya.

“Bukti-bukti menunjukkan bahwa anak juga dapat mengalami gejala Covid-19 yang berat dan mengalami suatu penyakit peradangan hebat yang diakibatkan infeksi Covid-19 yang ringan yang dialami sebelumnya,” demikian pernyataan IDAI dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12) kemarin sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

IDAI pun menilai, pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar mengajar tatap muka mengandung risiko tinggi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Karena anak masih berada dalam masa pembentukan berbagai perilaku hidup yang baik agar menjadi kebiasaan rutin di kemudian hari, termasuk dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehat,” paparnya.

“Ketika protokol kesehatan dilanggar baik sengaja maupun tidak, maka risiko penularan infeksi Covid-19 akan meningkat sangat tinggi,” sambungnya.

Namun begitu, IDAI juga menerima laporan selama pandemi ini, adanya berbagai hal yang dapat mengancam kesehatan dan kesejahteraan anak, yang secara umum dialami di negara-negara berkembang.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian dan perlu mendapat penanganan khusus dari seluruh pihak.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com