Pembagian e-KTP Lamban, Kinerja RT dan RW Dipertanyakan

PEKANBARU (RA) - Terkait banyaknya pengaduan dari masyarakat yang menyatakan bahwa proses pengambilan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang telah selesai dicetak lambat dan memusingkan warga, maka Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru yang membidangi pemerintahan, Kamaruzaman mempertanyakan kinerja sebagian besar Ketua RUkun Warga (RW) yang ada di Kota Pekanbaru yang tidak maksimal menginformasikan daftar nama warga yang telah selesai e-KTPnya.

"Salah satu kendala yang kita terima itu adalah, warga lambat menerima informasi akan e-KTP miliknya telah selesai, yang memegang tugas untuk memberitahukan warga yang telah e-KTPnya telah dicetak," ungkap Kamaruzaman ketika dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (18/7).

Seharusnya, daftar nama warga yang telah selesai e-KTPnya dicetak, setelah Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru yang tersebar di setiap kecamatan menyebarkannya kepada kelurahan, maka pihak kelurahan menindaklanjuti lagi kepada kepala RT dan RW untuk selanjutnya tugas RT dan RW mengumumkannya kepada warga, baik melalui masjid, fasilitas umum dan lainnya.

"Harus dikabarkan kepada masyarakat agar menjemput e-KTP miliknya di UPTD yang telah ditetapkan. Kita sangat minta proaktif dari ketua RT dan RW menjalankan tugasnya, kalau masih terdapat ketua RT dan RW yang tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka kita minta untuk dievaluasi kembali demi maksimalnya pelayanan publik di Kota Pekanbaru ini," tegas Kamaruzaman.

Ditambahkan Kamaruzaman, sejalan dengan program pemerintah pusat yang menggalakan e-KTP ini, sehingga minat masyarakat meningkat, maka Pemerintah Daerah wajib menyiapkan tenaga unutk melayani masyarakat yang akan memerlukan e-KTP.

"Tentu masyarakat merasa penasaran, apakah e-KTP yang telah diurusnya beberapa waktu lalu sudah selesai, apalagi kalau tetangga atau anggota keluarganya telah memperoleh e-KTP, maka dirinya juga mempertanyakan bagaimana nasib e-KTP miliknya di UPTD, apakan sudah selesai atau bagaimana, kan mereka butuh informasi," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index