Minum Minyak Kayu Putih Berisiko Kematian!

Minum Minyak Kayu Putih Berisiko Kematian!
Minyak kayu putih (Foto: India Mart)

Riauaktual.com - Minyak kayu putih menjadi salah satu barang yang dicari banyak orang sekarang ini. Minyak tradisional tersebut dianggap bisa membantu seseorang terhindar dari virus corona.

Makanya, jangan heran kalau ada beberapa orang yang mengoleskan minyak kayu putih ke maskernya. Ekstremnya, ada segelintir orang yang bahkan meminum cairan minyak kayu putih, misalnya dengan dilarutkan ke air hangat.

 minyak kayu putih

Nah, menjadi pertanyaan sekarang apakah aman meminum larutan minyak kayu putih yang banyak di pasaran? Bukankah minyak tersebut hanya untuk dioleskan?

Dilansir dari laporan berjudul 'Eucalyptus Oil Poisoning' yang diterbitkan di NCBI, penggunaan minyak kayu putih memang sudah banyak dilakukan sejumlah orang untuk meringankan gejala penyakit umum. Terkait dengan apakah aman meminum larutan minyak kayu putih, rupanya para peneliti mengatakan berbahaya.

"Toksisitas ekstrim setelah mengonsumsi minyak kayu putih telah dilaporan dengan baik, tetapi kesadaran publik umumnya kurang," terang laporan tersebut.

Ada beberapa indikasi yang muncul ketika Anda meminum minyak kayu putih, bahkan dikatakan di sana, gejala toksiknya bisa muncul segera, misalnya sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, sakit perut, dan muntah mendadak.

Selanjutnya, efek lain yang muncul setelah Anda mengonsumsi minyak kayu putih adalah terjadi rangsangan di sistem saraf pusat (SSP). Ini ditandai dengan pusing, ataksia, dan disorientasi yang diikuti kehilangan kesadaran yang biasanya terjadi setelah 10-15 menit usai Anda mengonsumsi minyak kayu putih.

Pada anak-anak, reaksi yang terjadi bahkan bisa kejang-kejang. Tapi, pada kasus orang dewasa, reaksi ini sangat jarang terjadi. Namun, risiko kematian di depan mata bagi orang dewasa yang berani mengonsumsi minyak kayu putih sebanyak 30 ml.

Laporan ini pun mencatat, dari 109 anak yang mengonsumsi minyak kayu putih, 59 persen di antara mereka mengeluarkan gejala buruk di atas. Lalu, tercatat anak yang mengalami kondisi keracunan minor seperti ataksia, muntah, dan nyeri perut (30%), alami keracunan sedang (25%), dan keracunan mayor hingga koma (4%).

"Depresi kesadaran yang signifikan harus diantisipasi setelah konsumsi 5 ml dan depresi kesadaran ringan dapat terjadi bahkan hanya mengonsumsi 2-3 ml," rangkum penulis.

Dijelaskan juga di sana bahwa saat minyak kayu putih pasaran tertelan, minyak itu akan terdistribusi ke seluruh tubuh dan upaya eliminasi dengan menggunakan arang aktif tidak mungkin membantu secara signifikan. Ini menjadi catatan penting bahwa minyak kayu putih dilarang dikonsumsi oral (diminum).

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index