Sikat Pelaku Pencemaran Kali Brantas

Sikat Pelaku Pencemaran Kali Brantas
Sikat Pelaku Pencemaran Kali Brantas. FOTO: realise

RiauAktual.com - Kali Brantas dalam ancaman Pencemaran Industri Kertas. Temuan ecoton dan TELAPAK menunjukkan bahwa pencemaran esterogenik di Kali Brantas jauh diatas standar bila dibandingkan dengan sungai-sungai di Negara lain. Senyawa Esterogenik ini menimbulkan dampak ancaman kesehatan berupa gangguan kesehatan reproduksi, kanker dan mutasi gen. Padahal 15 Kota/Kabupaten yang dilewati Kali Brantas mempergunakan air Kali Brantas sebagai bahan baku air minum, sebagai sumber Kehidupan. Perlu upaya bersama untuk menyikat industri kertas kontributor senyawa esterogenik di Kali Brantas.

 

Sejak 2006 berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 11 A/PRT/M/2006 tentang Kriteria dan Penetapan Wilayah Sungai memasukkan Kali Brantas menjadi sungai strategis nasional, maka tanggung jawab pengelolaan Kali Brantas berada di tangan Presiden dan menteri terkait, dalam hal ini Menteri PU dan Menteri Negara Lingkungan Hidup . Menjadi sungai Strategis nasional tidak banyak mengubah nasib Kali Brantas, kondisi kualitas airnya mengalami tekanan dari aktivitas manusia terutama dari 4000 industri yang berdiri di Kali Brantas. Kondisi air Kali Brantas terkini menunjukkan adanya kontaminasi senyawa esterogenik yang jauh diatas standar Perlindungan lingkungan Sungai. Memprihatinkan, karena hilir Kali Brantas digunakan sebagai bahan baku air minum.

 

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, PDAM Delta Tirta (Kabupaten Sidoarjo) dan (Kabupaten Gresik). Pada penelitian yang dilakukan oleh Syamsuri (2006) diketahui bahwa hulu hingga hilir Kali Brantas telah terdeteksi konsentrasi senyawa estradiol 42-220 ng/L. Konsentrasi estradiol di Kali Brantas dibandingkan dengan di Eropa (0,1-88 ng/L) jauh lebih tinggi. Konsentrasi estradiol di Kali Brantas dalam kondisi yang membahayakan karena dapat memacu terjadinya feminisasi ikan yang berujung kepunahan ikan. Selain estradiol juga terukur PCB, BPA, PE,  HBCD, dan PBDE. Pengukuran PCB, BPA, HBCD, dan PBDE dilakukan di hilir Kali Brantas. Berikut ini adalah hasil pengukuran 4 senyawa kimia yang bersifat mutagenik (menyebabkan mutasi), karsinogenik (menyebabkan kanker):

 

PARAMETER UJI

Sumber

Dampak

Konsentrasi

BPA (Bisfenol A)

Coating agent

diabetes, osteoporosis, obesitas

0.1-0.33 mg/kg

PE (Ptalat Ester)

Defoaming agent

testikel turun, hipospadia (uretra berada di bagian bawah penis), penurunan testosteron, penundaan pubertas, dan malformasi pada janin

0.1-2.255 mg/kg

PCB (Polychlorinated bisphenyl)

Carbonless copy paper

Kanker, iritasi paru dan hidung, IQ rendah, lemah kontrol motoric,

1.8-3.0 ng/gr

PBDE (Polybrominated Diphenyl Ether)

Flame retardant

Tumor hati, kanker, gangguan reproduksi

6.6-7.6 ng/gr

HBCD (Hexabromocyclododecane)

Flame retardant

Gangguan perkembangan, reproduksi, dan saraf

0.79-5.4 ng/gr

 

*

Kadar BPA yang terukur pada sedimen hilir Kali Brantas 1000 kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan kadar BPA di negara lainnya. Kadar BPA dalam sedimen di China hanya 2,4-27,3 µg/kg (Flint et al., 2012).

Kadar PE pada sedimen berkisar antara tidak terdeteksi hingga 19.258 µg/kg, air berkisar antara 0,09-2,35 µg/L, dan padatan terlarut berkisar antara tidak terdeteksi hingga 4,96 µg/L (Peijenburg dan Struijs, 2006). Karena sifatnya yang estrogenik, menyebabkan 5 senyawa ini  sangat berpengaruh terhadap kesehatan pria. Pengaruh PE terhadap kesehatan diantaranya testikel turun, hipospadia (uretra berada di bagian bawah penis), penurunan testosteron, penundaan pubertas, dan malformasi pada janin (EPA, 2007). BPA, PCB, HBCD, PBDE, dan PE digunakan dalam berbagai proses produksi.

 

Tiga senyawa kimia yang konsentrasinya jauh lebih tinggi dari Negara lainnya adalah BPA, PCB, dan PE. Ketiga senyawa ini banyak digunakan pada proses produksi kertas. Pada penelitian yang dilakukan oleh Ecoton pada tahun 2013, diketahui bahwa terdapat 2 industri kertas yang melanggar baku mutu buangan limbah cair. Kedua industri itu adalah Mount Dream Indonesia (MDI) dan Tjiwi Kimia. Berikut ini adalah hasil uji laboratorium PJT Lengkong terhadap sampel limbah  industri kertas:

Nama Perusahaan

Parameter Uji

pH

BAKU MUTU

BOD

BAKU MUTU

COD

BAKU MUTU

TSS

BAKU MUTU

PT ADIPRIMA

7.41

6

21.49

70

139.8

150

14

70

PT MOUNT DREAM INDONESIA

7.66

6

318.3

70

1723

150

80

70

PT TJIWI KIMIA

7.51

6

209

70

823.3

150

883.3

70

7.41

6

78.96

70

470

150

68.6

70

 

Dari tabel di atas, dalam dua kali pengujian  sampel (pada waktu yang berbeda), Tjiwi Kimia melakukan pelanggaran terhadap baku mutu pembuangan limbah. Selian data laboratorium diatas dari pantauan ecoton dan TELAPAK menunjkkan bahwa limbah cair PT Tjiwi Kimia menimbulkan bau minyak tanah dalam air badan air bahkan bau minyak tanah ini memperngaruhi bau dan rasa dalam ikan-ikan yang hidup di Kanal Mangetam.

Ecoton dan TELAPAK mendorong Gerakan Sikat kali Brantas

1. Memboikot produk PT Tjiwi Kimia dan mengajak masyarakat dunia untuk tidak  menggunakan         

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia karena aktivitas pembuangan limbah cair PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia telah menimbulkan dampak lingkungan dan ancaman kesehatan manusia.

Product PT. Tjiwi kimia :

      -Wood free paper              -Special Paper

      -PPC Paper                         -Office Product

      -ART Paper                          -shopping Bag

      -ART Board  

2. Mencabut Sertifikat SVLK Nomor : 824303120004/PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia oleh TUV Rheinland Indonesia.

3. Mendorong Gubernur Jawa Timur untuk memberikan sanksi Administratif berupa penutupan outlet PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia hingga limbah cair yang dibuang kedalam air badan air Kanal. Mangetan tidak menimbulkan dampak lingkungan.

Realise dari Prigi Arisandi sebagai Koordinator Lapangan Aksi SIKAT BRANTAS 2014

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index