Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Kukerta Universitas Riau 2020 Buat Tong Sampah Praktis

Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Kukerta Universitas Riau 2020 Buat Tong Sampah Praktis
Tim Kukerta dan tong sampah praktis

Riauaktual.com - Dalam rangka pemeliharaan lingkungan dan edukasi terkait jenis sampah, tim Kukerta universitas Riau membuat tong sampah dengan alat dan bahan sederhana agar masyarakat dapat membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, yaitu organik dan anorganik. Kegiatan ini dilaksanakan di kelurahan Tanjung Rhu, kecamatan Limapuluh, kota Pekanbaru, pada Rabu 22 Juli 2020 lalu.

Kegiatan pembuatan tong sampah ini dilakukan oleh tim Kukerta yang diketuai oleh Agus Gunawan dan 7 anggota tim Kukerta lainnya dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana, alat dan bahan yang digunakan yaitu, kayu, cat kayu, dan ember cat bekas sebagai tempat sampah.

Pembuatan tong sampah ini dilaksanakan guna mempermudah masyarakat dalam membuang sampah agar dapat dikelola dengan baik dan efisien. Seperti yang kita ketahui, terdapat dua jenis sampah, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. 

Sampah organik merupakan jenis sampah yang dapat dikelola dan terurai dengan baik sehingga menjadi pupuk kompos, contohnya sampah dari kulit buah, sisa sayuran, daun kering, ranting, kertas dan kayu. Sedangkan sampah anorganik merupakan jenis sampah yang tidak dapat terurai dengan baik dan memerlukan teknologi dalam pengelolaannya sehingga dapat digunakan kembali (daur ulang).

"Tong sampah organik dan organik ini tempatkan di kantor kelurahan Tanjung Rhu, tim Kukerta berharap dengan adanya tong sampah organik dan anorganik di kantor kelurahan, masyarakat yang berkunjung ke kantor kelurahan Tanjung Rhu dapat membuang sampah pada tempatnya dan masyarakat dapat membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya agar lebih mudah dikelola dengan baik," tutur Agus Gunawan.

Sementara Edwar, S.H. Selaku lurah Tanjung Rhu mengungkapkan bahwa kegiatan pembuatan tong sampah yang dilaksanakan oleh tim kukerta universitas Riau merupakan kegiatan yang kreatif dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana. (Rilis)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index