Presiden Intruksikan 13 Kebijakan Sukseskan Pemilu 2014

Presiden Intruksikan 13 Kebijakan Sukseskan Pemilu 2014
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. FOTO: net

PEKANBARU, RiauAktual.com - Presiden Susilo Bambang Yudoyono menginstruksikan 13 kebijakan untuk mensukseskan pemilihan presiden tahun 2014 pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diikuti oleh seluruh Kepala Daerah dan Muspida se Indonesia Selasa (11/2/2014) di Jakarta Comvention Center (JCC).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie, melalui rilisnya menyatakan ada 13 instruksi yang harus diterapkan seluruh kepala daerah di wilayah kerjanya.

Instruksi pertama adalah, mari kita sukseskan pemilu 2014. Mari ambil pengalaman dari pemilu 2004 dan 2009 yang sudah berjalan baik. Mari kita pedomani dan laksanakan semua ketentuan tentang pemilu. Mari kita pahami kewenangan,kewajiban dan tanggung jawab masing masing. Mulai dari penyelenggaraan pemilu, pemerintah, partai politik, penegak hukum dan masyarakat luas, presiden meminta agar setiap tugasnya bisa disosialisasikan dengan baik.

"Mari kita jaga dan hindari berbagai bentuk penyimpangan, termasuk intimidasi dari siapapun. Mari cegah terjadinya kekerasan dan benturan. Mari jaga akuntabilitas dan transparansi pada tingkat penyelenggaraan pemilu. Jika ada protes agar bisa berjalan tertib dan damai sesuai prosedur yang ada," kata Presiden SBY.

Pers dan media diminta agar melakukan siaran dan akurat dan kontruktif, SBY yakin media juga punya semangat sukseskan pemilu 2014, presiden percaya, selain pemberitaan yang akurat, rakyat juga ingin adanya siaran yang berimbang.

"Kepada menteri, gubernur, bupati dan walikota tetaplah mengutamakan tugas di pemerintahan. Dalam pemilu lalu, TNI dan POLRI bisa netral. Era politik praktis telah usai" lanjutnya.

Jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk membantu penyelenggaraan pemilu. "Mari gunakan anggaran dengan baik dan hindari adanya penyimpangan," imbuhnya.

Kata Kabag, Rakornas ini dikuti oleh seluruh kepala daerah dan muspida se Indonesia. Ikut mendampingi Walikota Pekanbaru Plt Kabankesbangpol Azwan, Kabag Humas Azharisman Rozie dan Ketua KPU Kota Pekanbaru Tengku Rafizal. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index