Virus Baru Kembali Muncul dari China

Virus Baru Kembali Muncul dari China
Virus Baru Kembali Muncul Dari China

Riauaktual.com - Belum reda masalah penyebaran virus COVID-19 atau Corona, para peneliti mengungkapkan jika ada jenis baru virus flu dan lagi-lagi berasal dari China.

Itu berasal dari hewan babi yang bisa menyebar pada manusia dan berpotensi menjadi pandemi baru.

Seperti dilansir dari laman ABC Australia, Jumat (3/7/2020), laporan ini sudah menjadi berita utama di berbagai media selama beberapa hari terakhir.

Bagi ilmuwan, penemuan Flu Babi G4 bagus ditemukan lebih awal, sehingga dengan segera bisa membuat para pakar untuk membuat tes khusus untuk mengetahui lebih banyak mengenai virus tersebut.

Namun yang perlu juga dimengerti jika sejauh ini tidak ada bukti adanya penularan antar manusia dari jenis virus baru tersebut.

Apa benar Flu Babi G4 ini bisa menyebar seperti wabah virus corona?

Menurut peneliti, di saat virus tersebut ditemukan pada tubuh para peternak babi di China lewat tes antibodi yang dilakukan sebelumnya, belum ada bukti jika virus ini mematikan.

Negara China sendiri sudah memiliki sistem pemantauan flu yang bagus di seluruh provinsinya.

Mereka memantau flu babi, burung dan manusia, karena seperti yang ditulis oleh peneliti mereka “pemantauan sistematis virus flu di babi penting sebagai peringatan dini dan persiapan kemungkinan pandemi berikutnya”.

Yang harus tipstrenners tahu virus ini ternyata memang sudah ada sejak tahun 2013 silam dan menjadi virus flu babi H1N1 yang menjadi masalah besar di China di tahun 2018.

Mereka yang bergerak di bidang penelitian penyakit menular sekarang menjadi waspada akan adanya virus baru, meski tidak khawatir.

Jenis baru virus flu selalu muncul dari waktu ke waktu, dan semua pihak harus siap memberikan respons bila itu terjadi, dengan memperhatikan secara seksama kemungkinan penularan antar manusia.

 

 

 

Sumber: pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index