Pejabat Pemko Pekanbaru Mulai Bersepeda ke Kantor

Pejabat Pemko Pekanbaru Mulai Bersepeda ke Kantor
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Salah satu pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (pemko)  Pekanbaru yakni Azwan MSi Asisten III Administrasi Umum Setda Kota Pekanbaru,  mulai menggunakan sepeda ke kantornya. Ini cara dirinya memberikan contoh hidup sehat dan ekonomis dengan melaksanakan program free car day atau satu hari tanpa mobil. Sekaligus mensukseskan Kegiatan ayo bersepeda yang dilounchingkan oleh Pejabat Gubernur Riau Djohermansyah Johan beberapa waktu lalu.

Azwan mengaku setiap hari Kamis akan pergi dan pulang kantor menggunakan sepeda. Dari  pantauan wartawan, Kamis pagi (23/1/2014) di halaman kantor Walikota Pekanbaru, terlihat mantan Sekda Kampar itu datang ke kantor dengan manaiki sepeda dan langsung ke parkiran samping kantor Walikota, selanjutnya Azwan ikut senam pagi bersama seluruh karyawan dan staf.

"Ini adalah sebagai realisasi dari program Pemrpov Riau dan Pemko Pekanbaru tentang gerakan bersepeda dan komunitas sepeda Riau. Ada beberapa alasan mengapa saya bersepeda setiap Kamis karena bersepeda adalah salah satu bentuk mengurangi polusi, mengurangi kemacetan jalan raya, dan untuk olahraga karena kebetulan hari Kamis adalah hari olahraga di Pemko dan pemprov," ujar Azwan.

Dikatakan Azwan bahwa apa yang dilakukannya juga merupakan gerakan kampanye hidup sehat. Dengan mendayung sepeda dari kediamannya di Jalan Kasa Tangkerang ke kantor Walikota, Azwan cukup berkeringat dengan jarak tempuh sekitar 10-15 menit perjalanan normal.

"Pemko dan Pemprov sudah menyiapkan jalur bersepeda, nah ini adalah kampanye untuk sehat, mengurangi pengggunaan BBM, mengurangi polusi udara, artinya bersepeda adalah kendaraan yang hemat, ekonomis dan sehat. Mudah-mudahan kita semua mau bersepeda ke kantor kendatai pun hanya satu kali dalam seminggu," harap Azwan lagi.

Namun demikian, Azwan mengaku saat bersepeda merasa agak was-was juga, karena masih rendahnya sikap menghargai dari pengemudi mobil dan pengendara motor terhadap pengguna jalan yang bersepeda.

"Di sisi lain juga jumlah sepeda motor cukup banyak dan sebagiannya lagi kurang santun dalam berkendaraan serta banyak yang tidak mengindahkan aturan dan rambu berlalu lintas, ini juga sangat berbahaya bagi warga yang bersepeda. Kita berharap sosialisasi free car day dan pencanangan bersepeda dapat diikuti dan dipahami seluruh lapisan masyarakat," tutupnya.(ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index