Antisipasi Peningkatan Kriminal Ditengah Covid-19, Penghulu Dosan Kerahkan Linmas

Antisipasi Peningkatan Kriminal Ditengah Covid-19, Penghulu Dosan Kerahkan Linmas

Riauaktual.com - Untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kriminal ditengah wabah COVID-19, peran pelindung masyarakat (Linmas) sangat penting. Hal tersebut disampaikan Penghulu Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Zamri.

Kata dia, peran Linmas sangat berpengaruh dalam upaya untuk menekan tindak kriminal. 

"Salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya tidak kriminal saat ini marak terjadi, baik di pelosok kampung maupun kota, adanya peran Linmas," kata Penghulu Kampung Dosan tersebut ke Riauaktual.com, Minggu (10/05/2020).

Dia juga mengatakan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat, jika terjadi tindak kriminal untuk segera melapor ke Linmas.

"Anggota Linmas di Kampung Dosan ada sebanyak 11 orang. Dengan adanya Linmas ini, bisa menjaga keamanan dan ketertiban. Karena, mereka dengan sadar turun dan ikut menjaga langsung keamanan dan ketentraman kampung," kata Zamri.

"Untuk itu, mudah mudahan ada perhatian dari pemerintah sekiranya dapat menganggarkan uang gaji anggota Linmas yang bertugas dikampung kita ini, kedepan nanti," harap Zamri lagi.

Selaku penghulu di Kampung Dosan, dia sangat perihatin terhadap Limas yang sampai saat ini belum ada gaji dan belum ada anggaran yang pasti.

"Sementara mereka siap tunggu perintah untuk menjalani tugas keamanan. Tapi anggarannya mereka belum ada yang jelas. Kalau untuk uang ngopi mereka ada sekitar Rp300/perbulan. Uang 300 ribu itu, untuk uang ngopi mereka untuk 11 orang dari Dana Desa, untuk uang gajinya tidak ada itu cuma uang untuk ngopi mereka berjaga,"terang Zamri.

Selain itu, dia berharap sangat kepada Pemkab Siak bisa menganggarkan untuk uang gaji Linmas dikampungnya.

"Sehinga mereka (Linmas) sejahtera dalam menjalani fungsi selaku keamanan dan ketertiban kampung," harapnya. (Adv/Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index