Silaturahmi dengan Pengurus Masjid, Firdaus MT Kampanye Kebersihan

Silaturahmi dengan Pengurus Masjid, Firdaus MT Kampanye Kebersihan
Firdaus Menyampaikan Pidatonya pada MDI

PEKANBARU (RA) - Sepekan memasuki bulan Suci Ramadhan, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT melakukan silaturahmi bersama pengurus masjid yang ada di Kota Pekanbaru. Acara silaturahmi tersebut dilakukan di Aula Kantor Sekretariat DPD Majelis Dakwah Indonesia (MDI) yang berada di komplek perkantoran Kementrian Agama Pekanbaru, Jalan Arifin Achmad, Rabu (11/7).

Dalam pidatonya, selain memberi arahan kepada mubalig dan mubaligho yang hadir pada saat itu, Firdaus juga mengkampanyekan hidup bersih terhadap mubalig dan mubaligho tersebut. Sebab, berdasarkan komitmen Pemerintah Kota Pekanbaru pada kepemimpinan Firdaus-Ayat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, memang sangat memprioritaskan pada kebersihan.

"Masjid juga bisa menjadi percontohan bagi masyarakat, dengan partisipasi semua kalangan masyarakat terhadap masjid yang ada di lingkungannya masing-masing, maka masyarakat akan belajar secara bergoto royong untuk menjaga kebersihan. Selain itu juga kebersihan dalam masjid, seperti karpet, sajadah dan lainnya, itu adalah gambaran jika masyarakat bersih maka masjidnya pasti bersih juga," ungkap Firdaus.

Dalam kesempatan tersebut, Firdaus juga menghimbau kepada pengurus masjid yang juga merupakan mubaligh dan mubaligho, agar juga selalu menjaga kebersihan hati. Melakukan kegiatan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. Jika telah dibentuk panitia bulan Ramadhan di Masjid, maka harus dijalankan sesuai dengan tugas masing-masing pengurus yang ditunjuk. Dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

"Mari selama bulan yang penuh maghfiroh ini, kita benar-benar hidupkan masjid, ajak masyarakat di lingkungan kita meramaikan masjid. Terutama untuk tadarus, mari himbau anak-anak kita untuk mencintai Al Quran dengan tadarus. Jangan sampai di masjid itu yang tadarus hanya kaset," paparnya.

Firdaus juga menghimbau kepad pengurus masjid untuk melakukan penghijauan di sekitar masjid. Sehingga, dengan penghijauan yang dilakukan, masjid akan terlihat indah dan sejuk, tidak harus mengandalkan kipas angin dan ac seperti saat ini terjadi.

"Ayo kita mulai dari masjid, kita tanam di sekeliling masjid tanaman pohon yang dapat melindungi masjid dari cahaya matahari. Selain memperindah masjid, pepohonan yang rimbun juga dapat dimanfaatkan bagi kendaraan jemaah yang parkir agar tidak kepanasan," tandasnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index