Gempa 5,8 SR Goyang Simeulue Aceh

Gempa 5,8 SR Goyang Simeulue Aceh
Ilustrasi. FOTO: int

ACEH, RiauAktual.com - Gempa bumi berkekuatan 5,8 Skala Richter menggoyang Kabupaten Simeulue, Aceh. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa terjadi pada Minggu (1/12/2013) pukul 13.29 WIB, bertitik pusat di 2 derajat Lintang Utara dan 96,65 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 20 kilometer.

Titik tersebut berada di 91 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Simeulue. Gempa dirasakan III MMI di Medan, II MMI di Tanah Karo, dan II MMI di Aceh Selatan. Belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban.

Warga Kabupaten Simeulue, Aceh, sempat panik saat gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter menggoyang kepulauan itu. Mereka berhamburan ke luar rumah.

Perwakilan Forum Jurnalis Aceh Peduli Bencana (FJAPB) di Simeulue, Ahmadi, menuturkan, goyangan gempa terasa selama lima detik. “Warga berhamburan keluar rumah. Kami dari lantai II juga langsung turun ke luar,” katanya.

Sejauh ini belum diketahui ada tidaknya kerusakan atau korban jiwa akibat gempa. Pascagempa, aktivitas masyarakat Simeulue berjalan seperti biasa. “Sekarang sudah normal, belum ada yang lari ke gunung,” sebutnya.

Junaidi, warga Simeulu lainnya, juga mengatakan hal serupa. “Saat gempa saya sedang mandi. Tetangga keluar semua. Tapi setelah keadaan normal masuk lagi,” ujarnya saat dihubungi terpisah.

Gempa melanda Simeulue juga dirasakan warga yang bermukim di sepanjang pantai barat Aceh. Badan Meteorologi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bertitik pusat di 91 kilometer tenggara Simeulue dan tidak menimbulkan tsunami. (rrm/okz)

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index