Dua Gajah Berkeliaran di Kantor Polisi Mandau Bengkalis

Dua Gajah Berkeliaran di Kantor Polisi Mandau Bengkalis

Riauaktual.com - Petugas Polsek Mandau, Bengkalis, kedatangan 'tamu tak diundang'. Tamu yang datang adalah dua kawanan gajah liar Sumatera.

Hewan bertubuh besar ini berkeliaran di dekat kantor polisi untuk mencari makan. Selain itu gajah juga terlihat berkeliaran di jalan raya, namun tidak mengganggu warga.

"Gajah tersebut muncul sekitar pukul 7.00 WIB dan sampai siang. Gajah tersebut sudah sering datang ke hutan samping Polsek untuk mencari makan," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto Selasa (3/12/2019).

Sunarto menjelaskan, dari keterangan pihak Polsek Mandau bahwa dua ekor gajah tersebut sudah sering 'bersilahtirahmi' di sekitaran mapolsek karena ada sumber makanan. Nantinya gajah tersebut juga akan pergi ke sebuah hutan milik PT Chevron Fasifik Indonesia (CPI) yang tidak jauh dari lokasi. 

"Biasanya gajah tersebut akan kembali ke hutan Chevron dan datang lagi untuk mencari makan yang ada di seputaran Polsek Mandau," ucap juru bicara Polda Riau ini.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) menyatakan sudah menurunkan tim untuk memantau gajah yang berkeliaran di seputaran kantor polisi dan jalan raya. Dia mengatakan dua ekor gajah itu memang sering berkeliaran.

"Tim dari PLG (Pusat Pelatihan Gajah) Sebanga kita turunkan ke lokasi. Dua ekor gajah terdiri dari induk dan anaknya. Induknya bernama Seruni," imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa dua ekor gajah itu merupakan kawanan dari Kantong Gajah Balai Raja. 
Suaka Margasatwa Balai Raja saat ini kondisi sudah beralih fungsi jadi perkebunan sawit dan pemukiman.

"Dulu gajahnya tiga ekor. Belum lama ini satu temannya bernama Dita mati karena mengalami luka jeratan," tutur Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau. Heru Sumantoro. (NAT)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index