Mahasiswa Komunikasi UIN Perdalam Ilmu Jurnalistik di Riau Aktual

Mahasiswa Komunikasi UIN Perdalam Ilmu Jurnalistik di Riau Aktual
Atas: Mahasiswa foto di halaman Kantor Riau Aktual / Bawah: Foto bersama Pemred RiauAktual.com (tengah) usai diskusi. (ist)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Guna memperdalam ilmu jurnalistik, belasan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jurusan Ilmu Komunikasi mendatangi kantor redaksi RiauAktual.com di Jalan Kijang Nomor 11 Sukajadi, Kota Pekanbaru, Jumat pekan kemarin.

Mahasiswa ini langsung diterima Pemimpin Redaksi RiauAktual.com Riki Rahmat S I Kom, yang memaparkan secara terperinci seluk beluk Ilmu Jurnalistik. Mahasiswa tampak serius melayangkan beberapa pertanyaan berkaitan dengan pemberitaan.

"Sekarang marak media online, salah satunya yang menarik kami lihat Riau Aktual. Sebenarnya, kelebihan media online ini apa?" tanya salah seorang mahasiswa, Mega dalam pertemuan tersebut.

Termasuk mengenai ancaman untuk media online kedepannya, para mahasiswa juga tampak seksama mempertanyakan untuk mengetahui seccara jelas bagaimana prospek media online tersebut.

"Kekurangan media online sendiri bagaimana. Terus dalam segi pendapatan, dari mana biaya operasionalnya kedepan. Kalau cetak kan jelas dari penjualan koran," sebut mahasiswa lainnya.

Semua mahasiswa aktif bertanya, hingga Pemred Riau Aktual sedikit kewalahan menjawab satu persatu pertanyaan dari mahasiswa ini. Namun, jawaban yang dipaparkan Pemred Riau Aktual memuaskan dan memberikan pengetahuan baru kepada para mahasiswa mengenai media online.

"Media online ini kelebihannya adalah, sesuai dengan perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi, maka media online ini merupakan jadi alternatif untuk mendapatkan informasi tercepat melalui gadget di genggaman pemerlu informasi ini," terang Pemred Riau Aktual.

Sementara kekurangan dari media online, serta ancaman, Pemred Riau Aktual mengaku sampai saat ini memang belum ada ancaman yang berarti. Namun, karena belum ada aturan yang jelas akan adanya izin siar media online, membuat media online di Riau menjamur.

"Tak ada ancaman yang berarti, malahan kini media online ini yang menjadi ancaman bagi media cetak. Karena media cetak akan ketinggalan jika tidak pandai mensiasati pembaruan berita," tutur Pemred.

Usai melakukan diskusi, para mahasiswa mengabadikan pertemuan itu melalui foto bersama Pemred Riau Aktual dan berfoto di depan halaman Kantor Riau Aktual. Rangkuman dari hasil diskusi ini, akan dijadikan sebagai laporan hasil penelitian mahasiswa terhadap Ilmu Jurnalistik yang telah didapat di Riau Aktual. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index