Pelayanan Administrasi Buruk

Kepala UPTD Tampan Mengundurkan Diri

PEKANBARU (RA) - Terkait buruknya pelayanan administrasi seperti KTP, KK, dan Akte Kelahiran yang ada di Kecamatan tampan, diakui oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, M Noer MBS. Menurutnya, kondisi pelayanan di Kecamatan Tampan memang telah lama terjadi dan membuatnya pusing. Memang diakui, tidak maksimalnya pelayanan karena tidak seimbang antara jumlah yang dilayani dan yang melayani. Apalagi kepala UPTD Kecamatan Tampan yang baru dilantik pada 15 Juni 2012 kemarin, Wira Septiadi mengundurkan diri.

"Kita kemarin sudah lakukan Sidak ke UPTD Tampan, karena banyaknya pengaduan yang masuk ke kita atas buruknya pelayanan di sana. Memang ketika kita lakukan Sidak itu, yang menjadi persoalan di Tampan ini adalah, kurangnya tenaga kita di sana. Sehingga dalam mencari dokumen milik masyarakat saja, petugas tak ada dan warga mencari sendiri punyanya masing-masing," ungkap M Noer ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/7).

Kejadian yang selama ini, bahwa masyarakat mengeluhkan banyak dokumen yang hilang. Akan tetapi setelah M Noer bersama Kepala Bidang melakukan kunjungan ke UPTD Tampan ini, ternyata dokumen tersebut tidak hilang, hanya saja tersembunyi bercampur baur dengan dokumen lainnya. uktinya, ketika M Noer mencoba melakukan pencarian, dokumen yang dianggap hilan itu ternyata ada.

"Dari kunjungan itu, saya mengambil kesimpulan sebagai langkah antisipasi, maka saya akan menempatkan tiga orang PLH kita yang ada di sini (Kantor Disdukcapil, red) untuk ditempatkan di sana. Itupun hanya beberapa hari ini saja, Senin lusa mereka akan kita tarik lagi ke sini karena pekerjaan mereka ini juga banyak di sini," kata M Noer.

Kondisi ini semakin memburuk ketika kepala UPTD Tampan yang baru saja dilantik pada 15 Juni 2012 lalu, Wira Septiadi ternyata mengundurkan diri dengan alasan tidak sanggup menghadapi masalah yang dianggap terlalu berat di Kecamatan Tampan tersebut. Dengan hal itu, M Noer mengambil siasat untuk menempatkan petugas harian yang akan mengkordinir kegiatan dinas di UPTD Kecamatan Tampan tersebut.

"Kita akan tempatkan juga PH di sana, itu Kabid Perencanaan dan Kependudukan, H Tiopan. Karena saya lihatb kemarin itu dalam Sidak, hanya tingal satu orang PNS saja yang ada, itupun pagi saja, sedangkan sorenya dia juga harus pulang karena mengantar isterinya yang sakit untuk berobat. Sedangkan dua orang lainnya PNS kita di sana juga sedang sakit dan ada keterangan dari dokter, tinggallah PH dan dibantu beberapa orang ibu-ibu PKK di sana," terangnya lagi. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index