Pemerintah Pekanbaru Diminta Fokus Tangani Banjir

Pemerintah Pekanbaru Diminta Fokus Tangani Banjir
Afrizal Usman. doc ra

PEKANBARU, RiauAktual.com - Anggota DPRD Kota Pekanbaru Afrizal Usman, menegaskan, bahwa untuk menangani persoalan banjir yang terjadi setiap tahun di Kota Pekanbaru pemerintah harus fokus, bukan hanya melakukan tindakan saat banjir sudah melanda.

"Jangan saat banjir baru sibuk menanganinya. Maka kita minta dalam tahun ke tahun, pemerintah harus fokus," tegas Afrizal, saat dikonfirmasi di DPRD, Kamis (10/10/2013).

Saat ini, Kota Pekanbaru dilanda musim hujan. Setiap hari sudah diguyur hujan maka banjir dan genangan air di berbagai wilayah Pekanbaru mulai terjadi. Afrizal menyebut, genangan air yang terjadi selama ini bukti pemerintah belum fokus menangani banjir.

"Masa setiap musim hujan jalan dalam kota ini berubah jadi anak sungai. Seharusnya Pemko melalui Dinas PU melakukan langkah kongkrit untuk mengatasi banjir di musim hujan tahun depan," katanya.

Politisi Partai Golkar ini, juga menambahkan, langkah antisipasi banjir jangka pendek seperti pengerokkan lorong-lorong air dan drainase sepanjang jalan, harus rutin dilakukan. Jangan hanya saat tertentu saja langkah antisipasi dilakukan.

"Saat musim kemarau kesempetan pemerintah melakukan perbaikan terhadap parit dan drainase. Karena saat banjir, drainase dan saluran air ini harus dipastikan dapat menampung debit air dan mengalirkan ke anak sungai yang ada," imbuhnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index