Harapan DPRD Pasca Digantinya Kacap PLN Pekanbaru

Harapan DPRD Pasca Digantinya Kacap PLN Pekanbaru
Logo PLN. (int)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kepala PLN Cabang Kota Pekanbaru Agus Sutjahjo akhirnya diganti. Pergantian kepala PLN ini mendatangkan harapan baru masyarakat Kota Pekanbaru, dengan kepala PLN yang baru nantinya, semoga listrik di Pekanbaru membaik.

Kalangan legislatif Pekanbaru berharap dengan digantinya Kepala PLN Cabang Pekanbaru, maka diharapkan kondisi listrik kedepannya membaik dengan kebijakan yang diambil oleh pimpinan baru tersebut nantinya.

"Pencopotan dan pergantian itu harus berdampak kepada perbaikan kualitas layanan di Riau. Dimulai dengan tidak mematikan listrik jika tidak darurat," sebut Muhammad Fadri AR, anggota DPRD Pekanbaru dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Jumat (4/10/2013).

Kepada pimpinan PLN Cabang Kota Pekanbaru yang baru, diharapkan agar kedepan mempersiapkan generator set (Genset) di setiap kecamatan di Kota Pekanbaru. Dengan demikian nantinya, bagaimana pun kondisi pembangkit, tak akan berdampak kepada pelanggan listrik rumahan.

"Kita memang berharap dari awal seperti itu. Dengan adanya genset setiap kecamatan, tentu tak akan ada lagi pemadaman bergilir," sebut Anggota Komisi IV Roni Amriel.

Jika tak ada anggaran, sebut Roni lagi, maka kebijakan pimpinan yang baru nantinya perlu tegas untuk melakukan lobi ke pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah, agar pengadaan genset dianggarkan dalam APBD.

"Persoalan pemadaman bergilir ini sudah lama terjadi, namun tak ada solusi. Inilah solusi yang kita berikan, adakan genset setiap kecamatan maka kedepan tak akan ada lagi pemadaman bergilir," tutur politisi Partai Golkar tersebut.

Anggota DPRD lainnya, Kamaruzaman SH, menegaskan, agar PLN Kota Pekanbaru kedepannya mencarikan solusi agar kejadian yang telah terjadi selama ini, yang mengakibatkan masyarakat merugi, tak berlanjut kedepannya.

"Solusi yang sangat diperlukan. Perbaikan layanan, tanggap kepada setiap laporan masyarakat, itu yang perlu kedepannya," pungkasnya.

Meskipun isu pergantian Agus sudah tercium media beberapa bulan lalu, berkaitan dengan ketidaksanggupan Agus mengurusi listrik di Pekanbaru, Agus tetap menampiknya. Menurut Agus yang telah diganti pada Rabu lalu, pergantian dirinya sebagai pimpinan PLN Cabang Pekanbaru tak ada kaitan dengan buruknya pelayanan listrik di Pekanbaru selama ini.

"Tak ada masalah, saya diberikan kesempatan berkarya di kampung saya lagi, sebelum di Pekanbaru saya juga berasal dari Surabaya," tutur Agus.

Agus Sutjahjo diganti dengan Agustiar. Agustiar sebelumnya merupakan Kepala Area PLN Tanjung pinang. Sementara Agus Sutjahjo dikembalikan lagi ke kampung halamannya Surabaya.

"Saya kan balik kampung, bisa ngumpul dengan keluarga dan anak-anak saya," ujar Agus dengan riang.

Agus juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Pekanbaru atas kinerjanya selama ini yang tidak maksimal dan masih banyak dikeluhkan masyarakat. Salah satunya mengenai pemadaman bergilir tersebut.

"Itu bukan kesalahan saya, namun lebih kepada kurangnya pasokan daya listrik di daerah kita ini," tukasnya.

Manager Teknis PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau Pintor, juga menepis adanya isu digantinya Agus karena kinerja Agus yang buruk. Menurut Pintor, permintaan pergantian Agus Autjahjo sebagai Kepala PLN Cabang Pekanbaru sudah lama diajukan, namun SK tersebut baru keluar baru-baru ini.

"Permintaan dari Agus Sutjahjo yang pernah meminta untuk mundur sebagai kepala cabang tak pernah sampai ke kita, makanya baru-baru ini bisa dikeluarkan SK-nya," pungkas Pintor. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index