Awas Velg Palsu, Begini Cara Bedakan dengan yang Asli

Awas Velg Palsu, Begini Cara Bedakan dengan yang Asli
Foto by AutoExpose

Riauaktual.com - Hanya dengan berganti velg, tampilan mobil pun bisa langsung berubah. Bahkan tak sedikit pula, mobil yang diganti velgnya langsung terlihat lebih keren dari versi standardnya.

Para penjual velgpun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis velgnya. Begitu pula dengan harganya, sangat beragam.

Hanya saja, harga velg ini lumayan merogoh kocek. Sehingga banyak pihak yang memanfaatkan hal ini dengan membuat velg replika. Maka itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah Otolovers harus paham mana yang asli dan mana yang replika.

Bagaimana caranya? Berikut tips untuk membedakannya seperti yang dibagikan oleh Suzuki Indonesia.

Harga Velg

Lewat harga velg, otolovers bisa mengeahui apakahvelg tersebut asli atau tidak. Velg asli biasanya dibanderol lebih mahal dibandingkan yang replika. Bahkan, bisa sampai empat kali lebih mahal dibanding velg replika. Contoh, velg replika ring 17 harganya Rp5 jutaan, maka aslinya bisa berkisar Rp 20 juta - Rp 25 jutaan.

Tapi harga tak menjadi satu-satunya patokan. Tak jarang juga ditemui pedagang nakal yang menjual velg replika dengan harga tinggi dan mengatakan bahwa velg tersebut asli.

Bobot Velg

Hal lain yang bisa mencegah dari tipu-menipu velg ini adalah dengan melihat bobot velg. Kebanyakan velg asli akan lebih ringan ketimbang replikanya. Contoh, velg replika ring 17 beratnya kurang lebih 10-11 kg, maka velg asli kurang lebih 6 kg saja. Hanya saja, lagi-lagi bobot tak bisa langsung menyatakan velg asliatau replika. Seperti velg ring 20 misalnya, ada yang beratnya sama dengan yang replika.

Kualitas Pembuat Velg

Kulaitas pembuat velg bisa menjadi bahan pertimbangan apakah velg asli atau palsu. Biasanya, saat dibuat, velg replika akan melalui proses pengecoran, sementara velg asli akan melalui proses ditempa. Dari dua macam proses itu yang terpenting adalah finishing-nya.

Velg asli, hasil finishing-nya rapi, sementara replika akan tampak berantakan. Seperti ada yang bolong dipermukaan dalam velg. Catnya pun tampak tidak sama.

Untuk membedakan mana yang asli dan mana yang replika memang tak mudah. Kuncinya, jangan mudah tergoda dengan harga murah dan jangan terburu-buru membeli velg. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum benar-benar membelinya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index