Senin Ini, Wartawan dan Dewan Pekanbaru Lakukan Aksi Galang Koin Untuk PLN

Senin Ini, Wartawan dan Dewan Pekanbaru Lakukan Aksi Galang Koin Untuk PLN
ilustrasi. (rrm)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Solusi atas pemadaman listrik di Kota Pekanbaru dan Riau secara keseluruhan ternyata tak kunjung ada. Termasuk hasil hearing PLN Wilayah Riau dan Kepri dengan Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru kemarin Kamis, juga tak membuahkan hasil.

"Benar, Senin akan kita lakukan aksi, kita akan melibatkan Dewan juga," sebut Ketua Forum Wartawan Legislatif DPRD Kota Pekanbaru Zulfikri, Jumat (27/9/2013).

Aksi penggalangan uang koin untuk membantu PLN Riau membenahi kondisi listrik di Kota Pekanbaru dilakukan Senin pagi pukul 9.00 WIB. Beberapa anggota Dewan Pekanbaru juga mendukung agar masyarakat Kota Pekanbaru membangunkan PLN yang tertidur, sehingga kinerjanya tak terlihat, hanya menyampaikan mimpi-mimpi saja.

"Beberapa anggota Dewan tadi juga katanya mau turun," sebut Zulfikri lagi.

Rapat kerja (Hearing) Komisi IV dengan PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau dan PLN Area Kota Pekanbaru, Kamis (26/9/2013) kemarin, tidak ada menghasilkan solusi yang berarti. Karena PLN hanya meminta masyarakat agar berhemat menggunakan listrik.

Karena tidak puas, Komisi IV mengancang-ancang akan memanggil hearing PLN Pusat dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan yang dulunya juga pernah duduk sebagai Direktur Utama PLN.

"Rapat ini belum menyelesaikan permasalahan, maka kita ingin nanti rapat lagi di ruang paripurna dengan melibatkan semua kalangan, termasuk Dirut PLN serta Menteri BUMN," kata Muhammad Sabarudi ST, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru.

Hearing ini memang dihadiri langsung oleh utusan PLN Pusat yang kebetulan menjadi pelaksana harian (PH) General Manager (GM) PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau Ari Wardana, menggantikan GM WRKR Doddy Bejamin Pangaribuan yang tengah melakukan pendidikan.

Meskipun rapat kemarin itu berlangsung alot, sebab, para petinggi PLN ini memaparkan secara lengkap dan panjang tentang kondisi kelistrikan di Riau. Hearing dimulai pukul 10.00 WIB di ruang Komisi IV dipimpin oleh Ketua Komisi IV Firdaus Basyir, tampak sebagian anggota Komisi IV yang hadir mulai mengantuk saat PLN memaparkan apa yang telah dilakukan PLN sejak dahulu dan yang akan dilakukan kedepan, melaui infokus yang ada di ruang itu, namun tidak menghasilkan solusi apa-apa. Hanya janji saja yang disampaikan PLN.

Rohim, sebagai pengelola pembangkit di Riau dalam hearing memaparkan, bahwa saat ini PLN punya beberapa pembangkit. "Kita punya beberapa tenaga pembangkit, ada energi gas, air dan solar. Ada di Dumai, Teluk Lembu, dan Duri. Kita melakukan sewa PLTG, hampir di seluruh wilayah di Riau," paparnya. (rrm/tim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index