Disuruh Buang Sampah, Eh.. Napi di Lapas Bengkalis Ini Malah Bawa Ganja

Disuruh Buang Sampah, Eh.. Napi di Lapas Bengkalis Ini Malah Bawa Ganja

Riauaktual.com - Tiga tahanan pendamping (Tamping) di Lapas Kelas II A Bengkalis, diamankan karena ketahuan membawa narkoba jenis daun ganja kering dengan berat 1 kilogram.

Tiga orang napi tersebut yakni inisial Z selaku pemilik, dan B selaku orang yang menyimpan serta A selaku napi yang memasukkan barang haram tersebut kedalam lapas.

Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto SIK, melalui Kasat Narkoba AKP Syahrizal mengatakan, kasus ini diketahui pada Selasa (7/8) lalu. Saat itu, Agus Peitianto IP SH MH Kalapas selaku Kalapas mendapat info dari orang dipercaya. Bahwa ada 1 kilogram ganja dimasukkan kedalam lapas.

Ditemani anggotanya, lalu Kalapas melakukan penggeledahan di Blok A Kamar 12. Hasilnya, petugas berhasil menemukan plastik warna hitam yang didalamnya didapat sebuah bungkusan yang di lakban warna kuning yang diduga berisikan Narkotika jenis daun ganja kering, Rabu (8/8) lalu.

Dari penggeledahan dikamar napi inisial Z itu, petugas menemukan ganja tersebut disimpan didalam kantong plastik yang dibungkus lakban.

''Setelah kita introgasi napi inisial Z. Ia mengakui barang tersebut disimpan napi inisial B. Kemudian orang yang membawa ganja tersebut adalah napi inisial A,'' ungkap AKP Syahrizal, Jum'at.

Dari hasil pendalaman, modus para pelaku memasukkan ganja tersebut. Dilakukan napi inisial A yang berstatus sebagai tamping, dengan membawa barang bukti yang diletakkan di dalam tong sampah, dengan memanfaatkan kelengahan petugas.

''Napi yang memasukkan ganja itu adalah napi inisial A yang bersangkutan merupakan tanahan Pendamping yang akan bebas. Sehingga bebas keluar masuk. Dia yang membawa ganja tersebut masuk kedalam lapas,'' jelas Syahrizal.

Untuk memastikan temuan itu adalah ganja kering. Selanjutnya pihak lapas langsung berkoordinasi ke pihak Satresnarkoba Polres Bengkalis.

''Hasil pengecekan, memang benar isi bungkusan itu adalah daun ganja kering,'' ungkapnya.

Dari pengakuan napi inisial A. Ganja itu dikatakan, diletakkan pria inisial S di dalam tong sampah pada Senin (6/8) lalu.

''Untuk pengembangan, kita sedang lacak siapa S tersebut,'' tutup Syahrizal. (HA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index