Efek fenomena alam pasca-gerhana bulan, harus waspada

Efek fenomena alam pasca-gerhana bulan, harus waspada
Gerhana bulan total. ibnlive.in.com

Riauaktual.com - Gerhana bulan menjadi fenomena langka yang terjadi di Indonesia. Fenomena tersebut muncul karena matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis. Posisi bulan saat itu berjarak terdekat dengan bumi.

Banyak orang penasaran dan ingin menyaksikan saat terjadi fenomena gerhana bulan. Padahal seharusnya lebih waspada ketika terjadi fenomena tersebut. Sebab ada efek yang timbul setelah gerhana bulan. Apa saja?


1. Malam sangat gelap

Ketika terjadi gerhana bulan, malam akan sangat gelap. Ini lantaran bulan tidak bersinar seterang biasanya. Maka, Anda mesti hati-hati karena mungkin bahaya akan mengintai. Sebaiknya jangan bepergian keluar rumah dulu karena dikhawatirkan terjatuh saat berjalan.


2. Banyak nyamuk

Saat gerhana bulan, biasanya jumlah nyamuk menjadi lebih banyak. Penelitian menyebutkan, jenis nyamuk yang bertambah pada saat tersebut adalah Aedes, Anopheles, Culex, dan Psorophora.

3. Pasang air laut

Ketika gerhana bulan, fenomena pasang air laut dapat mencapai 1 meter hingga 1,4 meter dan surut minimum 1 meter hingga 1,1 meter di seluruh wilayah pesisir. Hal ini harus diwaspadai, terlebih lagi warga yang akan menggunakan transportasi laut karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

 


Sumber : merdeka.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index