5 Fakta Menarik Tentang Toyota

5 Fakta Menarik Tentang Toyota
Foto: Paultan.org

Riauaktual.com - Salah satu pabrikan asal Jepang yang cukup mendominasi di Indonesia ialah Toyota. Mobil LMPV buatannya, Toyota Avanza sukses menjadi kendaraan sejuta umat di tanah air.

Bahkan, Toyota Corolla menjadi mobil terlaris di dunia. Selama tahun 2017 saja, penjualan mobil itu mencapai 1,2 juta unit di seluruh dunia.

Namun, tahukah kamu ada beberapa fakta menarik seputar Toyota. Dilansir dari Carfromjapan.com, berikut 5 fakta unik mengenai pabrikan asal Jepang tersebut:

Aslinya Toyoda

Pabrikan ini didirikan oleh Kiichiro Toyoda. Selama beberapa tahun, produsen Avanza ini dikenal dengan nama Toyoda. Sebutan tersebut berubah setelah mereka mengadakan kompetisi untuk nama baru. Akhirnya, Toyota dipilih karena erat hubungannya dengan angka delapan yang identik dengan keberuntungan di Jepang.

Penjualan tercepat

Mobil terlaris di dunia, Toyota Corolla, dirilis pada tahun 1966 dan terjual setiap 37 detik. Angka tersebut semakin kecil pada 2013 dengan rekor satu mobil terjual setiap 27 detik.

Tahan lama

Banyak yang mengatakan bahwa produk Toyota memiliki usia pakai yang cukup panjang. Benar saja, 80 persen mobil yang terjual pada 20 tahun lalu masih beredar di jalan.

Hampir di seluruh negara

Tak salah jika Toyota menjadi salah satu raksasa otomotif dunia. Pasalnya, pabrikan asal Jepang ini telah membuka cabang di 170 negara.

Biaya penelitian

Untuk terus mampu bersaing di pasaran, tentunya setiap pabrikan harus melakukan inovasi. Guna menciptakan hal-hal baru, Toyota menggelontorkan dana sebesarUS$9 miliar atau sekitar Rp126 triliun.

 

Sumber : otosia.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index