5 Pemicu Timbulnya Jerawat, Siapa Sangka Salah Satunya karena HP

5 Pemicu Timbulnya Jerawat, Siapa Sangka Salah Satunya karena HP
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Jomblo mana sih, yang tidak kesal jika tiba-tiba muncul jerawat di wajah. Selain merusak penampilan kamu, jerawat juga bisa menyebalkan karena jika tidak sengaja tersenggol maka cukup menyakitkan.

Padahal, faktor pemicu munculnya jerawat cukup sepele. Tapi sayang, hal itu sering kita abaikan. Baik perempuan atau laki-laki, akan menghadapi hal yang sama saat tidak menjaga kebersihan wajahnya. Bahkan, gaya hidup yang tidak sehat juga menyebabkan timbulnya jerawat.

Nah, daripada kamu malah enggak pede karena punya wajah berjerawat, yuk ketahui apa sih penyebab timbulnya jerawat. Dilansir Thehealthsite, Selasa (8/5/2018), ada 5 penyebab timbulnya jerawat, yuk dipelajari dan dihindari.

1. Sering makan junk food

Jika kamu tipe orang yang menyukai makanan cepat saji, termasuk makanan berminyak, pedas, atau minuman bersoda, jangan heran kalau wajahmu sering berjerawat. Makanan semacam ini dapat menyumbat pori-porimu tanpa disadari.

Selain itu, makanan cepat saji juga membuat kamu mengalami perut mulas dan masalah lainnya yang menyerang sistem pencernaan.

2. Handphone Kotor

Jangan remehkan kebersihan gadget Anda. Sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa smartphone kita penuh dengan kuman. Kuman-kuman ini mudah menempel di wajah, sehingga cepat timbul jerawat.

3. Kurang tidur

Peningkatan hormon stres sering terjadi di malam hari. Kalau kamu suka begadang, efek sampingnya ya jerawatan. Itu karena kamu akan mudah stres, yang mengakibatkan kulitmu jadi tidak sehat.

Tidur malam idealnya 7-8 jam. Sayangnya, saat ini banyak generasi milenial tidak memaksimalkan jam tidur mereka karena berbagai alasan.

4. Tangan kotor

Kalau kamu menyeka keringat menggunakan tangan yang tidak higienis, bisa jadi risikonya akan membuat wajah kamu kotor dan timbul jerawat. Tangan yang kotor, bisa memaparkan kuman yang akan menempel di wajah.

5. Jarang cuci muka

JIka kamu sering menggunakan make up, kamu juga harus rajin mencuci muka dan membersihkan bekas make up dengan cairan pembersih. Pastikan jangan ada benda asing seperti make up yang menempel di wajah.

Selain itu, kamu juga harus rajin mencuci muka setelah keluar rumah, karena udara kotor dapat merusak kulitmu. Pastikan kulitmu bersih dan terasa nyaman saat tidur malam. (Wan)

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index