Media Sosial Pengaruhi Citra Tubuh Perempuan

Media Sosial Pengaruhi Citra Tubuh Perempuan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa penggunaan media sosial (medsos), seperti Facebook, Instagram, atau Pinterest, mungkin tidak baik untuk emosional perempuan.

Mereka cenderung tidak senang dengan tubuh mereka jika menghabiskan lebih dari satu jam sehari di medsos. Temuan tersebut memperlihatkan bahwa para perempuan ini cenderung berpikir orang kurus atau langsing lebih menarik dan mungkin lebih percaya diri.

“Selain itu, wanita-wanita ini juga lebih termotivasi untuk berolahraga dalam upaya memperbaiki tubuh mereka,” kata pemimpin peneliti yang juga kepala penelitian psikologi di University of South Wales, Inggris, Martin Graff, dilansir laman WebMD.

Menurutnya, menghabiskan lebih banyak waktu setiap hari di situs jejaring sosial yang sering digunakan orang untuk memposting gambar diri sendiri dan membandingkan dengan orang lain memiliki hubungan yang tidak sehat dengan citra tubuh perempuan.

Seorang psikolog dan ahli media dari Pittsburgh, Inggris, Dr Nancy Mramor menambahkan, sifat menyeluruh dari medsos membuat temuan ini sangat meresahkan. Untuk penelitian ini, Graff dan rekan-rekannya merekrut 100 mahasiswi dan meminta mereka melengkapi serangkaian kuesioner tentang penggunaan medsos dan perasaan mereka tentang citra tubuh yang mereka miliki.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan jumlah waktu yang mereka habiskan setiap hari di Facebook, Instagram, dan Pinterest. Kelompok pertama menghabiskan kurang dari 30 menit di medsos setiap hari dan yang keempat menghabiskan lebih dari 90 menit sehari menggunakan medsos.

[Baca Juga: Ibu 7 Anak Ini Punya Lekuk Tubuh Seksi yang Bikin Terpana, Intip Rahasianya!]

Para peneliti juga menanyai para wanita dengan tiga ukuran yang berkaitan dengan citra tubuhmereka, yaitu seberapa banyak mereka melihat pandangan masyarakat sekitar tentang tubuh ideal, apakah mereka khawatir tentang bagaimana tubuh mereka dilihat oleh orang lain, dan bagaimana mereka termotivasi untuk meningkatkan bentuk tubuh mereka melalui latihan dan olahraga.

“Perempuan mendapat skor lebih tinggi pada ketiga ukuran di atas karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu di medsos, terutama jika waktu melebihi satu jam,” beber Graff. Dia juga menjelaskan bahwa respons yang diterima perempuan saat bermain medsos dapat membuat mereka tidak begitu senang, terutama jika mereka gagal untuk memahami apa yang orang lain posting selalu gambar atau foto yang terlihat positif.

“Orang umumnya menggambarkan diri mereka secara positif di medsos, seperti di gym, berlari maraton, atau bersenangsenang. Orang-orang tidak mem-posting yang buruk atau foto diri mereka terlihat sakit,” ucap Graff. (Wan)

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index