4 Pabrikan Motor Legendaris Ini Kini Tinggal Kenangan

4 Pabrikan Motor Legendaris Ini Kini Tinggal Kenangan
Ilustrasi: Transportworld.co.nz

Riauaktual.com - Persaingan di pasar sepeda motor memang cukup kejam. Jika tak mampu berinovasi, tentunya akan tersingkir secara perlahan. Alhasil, produksi pun harus dihentikan dan pabrik ditutup.

Tengok saja produsen sepeda motor di Jepang yang pernah menjamur. Kini, Hanya tersisa empat pabrikan besar yang mampu bersaing di pasar otomotif global.

Berikut 4 pabrikan sepeda motor yang sempat terkenal namun, sekarang hanya tersisa kisahnya saja:

1. Victory Motorcycles

Victory Octane

Victory Octane

Pabrikan asal Amerika Serikat ini identik dengan sepeda motor cruiser, bageer, dan touring di masa jayanya. Namun, Victory Motorcycles terpaksa menghentikan produksi dan akhirnya ditutup.

Polaris, pemilik Brand Victory, pun menyatakan bahwa anak perusahaannya tersebut tak cukup kuat untuk bersaing dengan brand besar lainnya. Ironis, pada awal 2017 lalu, pabrikan ini resmi ditutup lantaran minim profit.

2. Maserati

Maserati TV160

Maserati TV160

Brand asal Italia ini sebenarnya masih berjaya, terlebih di Eropa dengan produk mobilnya. Ternyata, Maserati pun sempat meluncurkan sepeda motor buatannya sendiri.

Pamornya pun sempat naik lantaran memiliki performa terbaik di kelasnya pada 1950-an silam. Sayangnya, kiprah Maserati Motorcycle harus berhenti pada 1960-an karena mengalami krisi finansial dan terpaksa ditutup.

3. Laverda

Laverda 750SFC

Laverda 750SFC

Sama halnya dengan Maserati, Laverda pun berasal dari Italia. Pabrikan ini merilis motor pertamanya pada 1949 silam dan langsung turun di ajang balap Endurance Milan Toronto dengan mesin 75cc dan 125cc. Kemudian, mereka merambah ke mesin yang lebih besar, 500cc, 650cc, dan bahkan 1.000cc.

Sayang, pada 1984, Laverda terpaksa ditutup lantaran tak mampu meraup keuntungan. Namanya sempat bangkit kembali setelah berada di bawah naungan Aprilia. Uniknya, tahun 2004, nama Laverda jstru dipensiunkan pasca Aprilia bergabung dalam Piaggio Group.

4. Bridgestone

Bridgestone GTR350

Bridgestone GTR350

Nama Bridgestone kini identik dengan brand ban sepeda motor berteknologi tinggi. Ternyata, pabrikan asal Jepang ini pun pernah memproduksi sepeda motor pasca Perang Dunia II. Produknya pun sempat terkenal, seperti Bridgestone GTO 350 dan GTR 350.

Ironisnya, Bridgestone justru dirumorkan stop produksi lantaran mendapat ancaman dari produsen motor Jepang lainnya yang akan menghentikan order ban Bridgestone sebagai OEM. Dinilai penjualan ban sudah menguntungkan, akhirnya lini sepeda motor mereka kini tinggal kenangan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index