Tahun 2014 Sentra Rotan Pekanbaru Beroperasi

Tahun 2014 Sentra Rotan Pekanbaru Beroperasi
gedung sentra rotan berlantai 5 di Jalan Yos Sudarso

PEKANBARU (RA)- Tahun 2014 mendatang pengrajin rotan yang ada di Pekanbaru akan menempati lokasi berdagang baru yang representatif. Pembangunan gedung sentra rotan berlantai 5 di Jalan Yos Sudarso kini sudah rampung 50 persen.

Demikian hal ini di katakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (kadisperindag) Kota Pekanbaru El Sabrina, Selasa (16/7/2013) saat mengunjungi para pengerajin rotan, beserta duta UMKM Edi Baskoro, dan rombongan.

Kata Elsabrina awalnya lahan ini hanya di peruntukkan bagi lokasi sentra rotan. Akan tetapi menimbang Pekanbaru juga mendapatkan bantuan pembangunan Rumah Susun Sewa (rusunawa), maka di atas lahan tersebut juga di bangun rusunawa. "Maka jadilah konsep pembangunan penyatuan gedung dari dana bantuan Kementrian PU," ujar El.

Rusunawa ini nantinya juga di peruntukkan bagi pegawai dan karyawan pengerajin rotan yang berdagang di lantai dasar. "Di lantai dasar jadi worshop, diatas  rusunawa  khusus  buat para karyawan rotan," terang El.

Diperkirakan tahun 2014 bangunan ini sudah bisa di gunakan, melihat kondisi pembangunan saat ini yang sudah mencapai 50 persen. "Ini salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap para pengerajin rotan di Jalan yos Sudarso yang jumlahnya 35 pengerajin. Selain bentuk bantuan lainnya yang sudah dilakukan berupa pelatihan, bantuan modal dan sebagainya," tandasnya.

El mengakui meski selama ini pemasaran kerajinan rotan Pekanbaru belum pernah ekspor, akan tetapi cukup menjanjikan bagi para pengerajin, pasalnya masih banyak pegawai chevron yang berkewarganegaraan asing menjadi pembeli, selain juga lokal.  

Laporan: Va

Editor: Doni Dwi Putra

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index